peningkatan pemecahan masalah matematis melalui model missouri mathematics project (mmp) berbantuan modul etnomatematika pada siswa kelas iv sdn wonosekar

FADZILLAH, SITI HANNAH NUR (2020) peningkatan pemecahan masalah matematis melalui model missouri mathematics project (mmp) berbantuan modul etnomatematika pada siswa kelas iv sdn wonosekar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (891kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN PDF.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa di SDN Wonosekar masuk pada tingkat keberhasilan perlu adanya bimbingan dengan rata-rata klasikal sebesar 49. Sementara perolehan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Siswa secara klasikal berada pada tingkat keberhasilan perlu bimbingan dengan nilai rata-rata keterampilan pemecahan masalah matematis sebesar 46. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan keterampilan pemecahan masalah matematis siswa dengan model Missouri Mathematics Projectberbantuan Modul Etnomatematika. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Wonosekar yang berjumlah 20. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu dalam tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) berbantuan modul etnomatematika, sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, keterampilan pemecahan masalah matematis dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan non tes yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 78% dengan tingkat keberhasilan tinggi, dan siklus II menjadi 91% dengan tingkat keberhasilan sangat tinggi 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 70 dengan tingkat keberhasilan cukup dan siklus II menjadi 82 dengan tingkat keberhasilan baik 3) keterampilan pemecahan masalah matematis memperoleh nilai rata-rata sebesar 74 dengan tingkat keberhasilan cukup dan siklus II menjadi 84 dengan tingkat keberhasilan baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Missouri Mathematics Projectberbantuan modul etnomatematika dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, kemampuan pemecahan masalah matematis, serta keterampilan pemecahan masalah matematis pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Wonosekar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Missouri Mathematics Prooject (MMP), Modul Etnomatematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 May 2021 18:50
Last Modified: 20 May 2021 18:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14077

Actions (login required)

View Item View Item