ARFIANI, DESTIANA DIAN (2020) pengaruh model react berbantuan media buku fabel bantar terhadap pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (387kB) | Preview |
Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (893kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (905kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (371kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan sebagai dasar penelitian ini berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses pemecahan masalah matematis. Ketuntasan pada tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 19,05% dengan perolehan rata-rata 44,71. Keterampilan proses pemecahan masalah siswa hanya mendapatkan rata-rata 53,87 dengan predikat D yang artinya memerlukan bimbingan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model REACT berbantuan media buku fabel BANTAR terhadap pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Metode penelitian termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan desain uji coba pre-experimental design dengan bentuk one group pretest posttest. Penelitian ini di lakukan di SD N Gembong 01. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model REACT, sedangkan variabel terikat yang digunakan yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterampilan proses siswa. teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sample. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik yang berupa uji one sample t-test, uji z proporsi, uji paired sample t-test, n-gain, dan analisis kuantitatif deskriptif. Setelah diterapkan model REACT berbantuan media buku fabel BANTAR menunjukkan bahwa pada hasil pretest terdapat 19,05% siswa dinyatakan tuntas dan pada hasil posttest terdapat 76,19% siswa dinyatakan tuntas. Setelah dilakukan uji statistik diperoleh hasil penelitian bahwa (1) rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah siswa dapat mencapai KKM, (2) hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat mencapai ketuntasan klasikal 75%, (3) terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkan model REACT berbantuan media buku fabel BANTAR, (4) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara keseluruhan dengan kategori sedang, dan (5) pada keterampilan proses pemecahan masalah matematis mengalami peningkatan secara keseluruhan pada kategori baik. Berdasarkan hasil uji statistik tersebut dapat ditarik simpulan bahwa penerapan model REACT berbantuan media buku fabel BANTAR berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Keterampilan Proses Pemecahan Masalah, Media Buku Fabel, Model REACT |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 May 2021 19:03 |
Last Modified: | 20 May 2021 19:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14080 |
Actions (login required)
View Item |