Sistem pengaman sepeda motor menggunakan sensor gyroscope berbasis arduino nano dan sms gateway

PRABOWO, ADITYA (2020) Sistem pengaman sepeda motor menggunakan sensor gyroscope berbasis arduino nano dan sms gateway. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pada saat ini penggunaan sepeda motor bagi keseharian manusia merupakan suatu hal yang sangat penting, oleh sebab itu bertambahnya kasus pencurian sepeda motor semakin meningkat, apalagi pada kendaran yang minim pengamanan. Oleh karena itu dengan berkembangnya jaman, manusia mulai menerapkan suatu perangkat yang dirancang untuk meningkatkan keamanan sepeda motor. Perangkat tersebut dirancang agar tersambung dengan smartphone untuk mengirim pesan notifikasi serta mengetahui letak sepeda motor menggunakan GPS pada pemilik sepeda motor jika sepeda motor nya yang dalam posisi mati tiba-tiba bergerak atau berpindah lokasi, sehinga memberikan rasa aman bagi pengguna apabila meninggalkan sepeda motor jauh dari area parkir. Dengan memanfaatkan teknologi mikrokontroler Arduino perangkat ini dilengkapi dengan sensor Gyroscope atau GY-521 , serta perangkat yang diperlukan adalah mikrokontroler ATMEGA 328, SIM 800L , MODUL GPS serta Smartphone. Hasil dari prototipe ini adalah terciptanya sebuah alat keamanan sepeda motor yang dapat membunyikan alarm, dan mengirim notifikasi via sms untuk mengetahui keamanan sepeda motor, serta mengetahui letak sepeda motor mnggunakan GPS ketika sepeda motor tiba – tiba berpindah lokasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Arief Susanto, ST, M.Kom Pembimbing 2. Evanita, S.Kom. M.Kom
Kata Kunci: Pada saat ini penggunaan sepeda motor bagi keseharian manusia merupakan suatu hal yang sangat penting, oleh sebab itu bertambahnya kasus pencurian sepeda motor semakin meningkat, apalagi pada kendaran yang minim pengamanan. Oleh karena itu dengan berkembangnya jaman, manusia mulai menerapkan suatu perangkat yang dirancang untuk meningkatkan keamanan sepeda motor. Perangkat tersebut dirancang agar tersambung dengan smartphone untuk mengirim pesan notifikasi serta mengetahui letak sepeda motor menggunakan GPS pada pemilik sepeda motor jika sepeda motor nya yang dalam posisi mati tiba-tiba bergerak atau berpindah lokasi, sehinga memberikan rasa aman bagi pengguna apabila meninggalkan sepeda motor jauh dari area parkir. Dengan memanfaatkan teknologi mikrokontroler Arduino perangkat ini dilengkapi dengan sensor Gyroscope atau GY-521 , serta perangkat yang diperlukan adalah mikrokontroler ATMEGA 328, SIM 800L , MODUL GPS serta Smartphone. Hasil dari prototipe ini adalah terciptanya sebuah alat keamanan sepeda motor yang dapat membunyikan alarm, dan mengirim notifikasi via sms untuk mengetahui keamanan sepeda motor, serta mengetahui letak sepeda motor mnggunakan GPS ketika sepeda motor tiba – tiba berpindah lokasi.
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum) > Komunikasi informasi teknik
Teknologi > Teknologi (umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 May 2021 20:04
Last Modified: 23 May 2021 20:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item