Kendali kecepatan motor dan monitoring panjang cigarette tipping paper / ctp

Sembiring, Rizki Saputra (2020) Kendali kecepatan motor dan monitoring panjang cigarette tipping paper / ctp. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada jaman sekarang sangat pesat utamanya pada bidang elektronika industri. PT. Djarum merupakan salah satu industri rokok yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya pada produksi SKM. Pada produksi SKM terdapat salah satu mesin yang berfungsi memberi perasa pada papir rokok yaitu mesin pemanis CTP. Beberapa permasalahan yang dimiliki pada mesin pemanis CTP yaitu tidak adanya sistem kendali kecepatan motor dan monitoring panjang CTP. Penelitian ini menggunakan metode “Research & Development”. Pada mesin pemanis CTP akan dilakukan pengembangan dan diaplikasikan kepada mesin. Hasil dari pengembangan dan pengaplikasian ke mesin akan diambil datanya sehingga dapat dapat disimpulkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat sebuah rancang bangun sistem untuk mengendalikan kecepatan motor dan memantau panjang CTP yang diproses oleh mesin. Arduino sebagai mikrokontroller mengendalikan motor 3 fasa menggunakan VSD dengan input tegangan dari PWM to Analog 10V sebagai tegangan referensi, rotary encoder akan membaca kecepatan dan mengirim ke arduino sebagai feedback. Arduino juga menampilkan hasil panjang CTP yang diproses. Hasil dari penelitian ini yaitu terciptanya sistem kendali mesin pemanis CTP yang berfungsi untuk mengendalikan kecepatan motor mesin pemanis CTP dan memonitoring panjang kertas yang diproses menggunakan sensor rotary encoder, arduino UNO digunakan sebagai mikrokontroller, dan modul PWM ke analog converter digunakan sebagai pengubah sinyal PWM menjadi analog untuk tegangan referensi VSD pada analog input 1 sebagai pengatur kecepatan motor 3 fasa. Adapun hasil dari pengujian sebagai berikut : Pengujian respon kendali tanpa beban menghasilkan steady state error sebesar 15% pada setpoint 65m/min dan 12% pada setpoint 80m/min. Pengujian respon kendali dengan beban kertas CTP pada setpoint 80m/min menghasilkan setpoint sebesar 8,75% pada pengujian ke2, setelahnya overshoot hanya mencapai maksimal 5%. Pengujian CTP secara keseluruhan didapat nilai %error rata-rata sebesar 7%. Belum dapat diaplikasikan pada mesin pemanis CTP karena kertas masih sering terjadi kerobekan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Noor Yulita Dwi Setyaningsih, S.T., M.Eng. Dosen Pembimbing: 2. Imam Abdul Rozaq, S.Pd., M.T.
Kata Kunci: Arduino, Cigarette Tipping Paper, PWM to Analog 10 V, VSD, Motor 3 Fasa
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum)
Teknologi > Teknik elektro, Teknik Nukllir
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 May 2021 20:44
Last Modified: 23 May 2021 20:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item