Internal locus of control sebagai pemoderasi pengaruh kompetensi aparatur desa, sistem pengendalian internal, budaya organisasi, dan standar akuntansi terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa (studi empiris pada desa se-kabupaten pati)

PRATIWI, CIKA WINTA (2020) Internal locus of control sebagai pemoderasi pengaruh kompetensi aparatur desa, sistem pengendalian internal, budaya organisasi, dan standar akuntansi terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa (studi empiris pada desa se-kabupaten pati). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAb 1]
Preview
Text (BAb 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internal locus of control dalam memperkuat pengaruh kompetensi aparatur desa, sistem pengendalian internal, budaya organisasi dan standar akuntansi terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa (studi empiris pada desa Se-Kabupaten Pati). Populasi dalam penelitian ini adalah perangkat desa yang terlibat dalam pengelolaan dana desa yaitu mulai dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Kepala Urusan Keuangan yang berada di Kabupaten Pati. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 151 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Kompetensi aparatur desa tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Sistem pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Standar akuntansi berpengaruh positif terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Internal locus of control tidak mampu memoderasi pengaruh kompetensi aparatur desa terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Hal ini diakibatkan karena kompetensi aparatur desa sering disalahgunakan untuk melakukan kecurangan jika tidak diimbangi dengan kendali dalam diri yang dalam hal ini adalah internal locus of control. Sedangkan Internal locus of control tidak mampu memoderasi pengaruh sistem pengendalian internal terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa. Hal ini karena jika sistem pengendalian internal sudah efektif maka fraud dapat dicegah.Internal locus of control juga tidak mampu memoderasi pengaruh budaya organisasi terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa karena budaya organisasi yang baik sudah cukup untuk mencegah fraud begitupun pula dengan Internal locus of control tidak mampu memoderasi pengaruh standar akuntansi terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. Mulyanto,SE,SH,M.Si,MM Dosen Pembimbing: 2. Nita Ardiyanti Budiman, SE,M.Si,Akt
Kata Kunci: Fraud, Internal Locus of Control, Kompetensi, Sistem Pengendalian Internal, Budaya Organsasi, Standar Akuntansi.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan > Manajemen keuangan. Keuangan bisnis. Keuangan perusahaan
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 May 2021 21:28
Last Modified: 23 May 2021 21:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14123

Actions (login required)

View Item View Item