Penerapan model teams games tournament berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar

Sari, Emsa Marnia Prachandra (2020) Penerapan model teams games tournament berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan keterampilan guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara, aktivitas siswa pada pembelajaran tema 8 lingkungan sahabat kita, dan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V melalui model Teams Games Tournament (TGT ) berbantuan media ular tangga. Model Teams Games Tournament (TGT) adalah sebuah model pembelajaran kooperatif dimana setiap siswa dikelompokkan kemudian masing-masing perwakilan kelompok akan diadu dengan diberikan kuis yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan guru. Sedangkan permainan ular tangga merupakan permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Hipotesis penelitian ini bahwa keterampilan berbicara siswa kelas V SD 4 Gribig berbantuan media ular tangga meningkat. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SD 4 Gribig dengan subjek 15 siswa. Tahapan ini ada 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung II siklus. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan (1) keterampilan mengajar guru pada siklus I mencapai persentase 64% dengan rata-rata skor 64 dalam kategori baik dan siklus II mencapai 85% dengan rata-rata skor 85 dalam kategori sangat baik. (2) Aktivitas belajar siswa pada Siklus I sebesar 65% dengan rata-rata nilai 65 dalam predikat C dan siklus II sebesar 79% dengan rata-rata skor 79 dalam predikat B dengan persentase kenaikan mencapai 14%. (3) keterampilan berbicara siswa pada siklus I muatan Bahasa Indonesia sebesar 50% dengan rata-rata nilai 50 dalam predikat C dan siklus II sebesar 76% dengan rata-rata nilai 76 dalam predikat B dan siklus II telah mencapai indikator keberhasilan dan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Sedangkan pada siklus I muatan IPS sebesar 49% dengan rata-rata 49 dalam predikat C dan siklus II sebesar 78% dengan rata-rata 78 dalam predikat B. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar terbukti meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing (2) Erik Aditia Ismaya, S.Pd, MA.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara Siswa, Teams Games Tournament, Ular Tangga.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 May 2021 20:40
Last Modified: 24 May 2021 20:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item View Item