Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 gondoharum pada Tema indahnya keragaman di negeriku menggunakan model Problem solving berbantuan media Ultangklek

ASTUTI, DITA DWI (2020) Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sd 2 gondoharum pada Tema indahnya keragaman di negeriku menggunakan model Problem solving berbantuan media Ultangklek. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (53MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model Problem Solving berbantuan media ular tangga engklek pada tema 7 Indahnya keragaman di Negeriku SubTema 1 dan 2 kelas IV SDN 2 Gondoharum. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Solving berbantuan media Ular tangga engkelk pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku SubTema 1 dan 2 kelas IV SDN 2 Gondoharum. Hasil belajar merupakan hal yang didapatkan siswa selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar, setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang mencakup ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (sikap), dan ranah psikomotorik (keterampilan). Model pembelajaran Problem Solving merupakan suatu keterampilan pemecahan masalah yang meliputi kemampuan untuk mencari informasi, menganalisis situasi dan mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif sehingga dapat mengambil suatu tindakan agar siswa dapat memcahkan permasalahan yang ada. Media Ular Tangga Engklek, merupakan salah satu media yang dapat memberikan manfaat untuk anak yang sulit belajar, karena media ular tangga merupakan media permainan yang dapat dimainkan oleh siswa, siswa diarahkan bermain sambil belajar, dala permainan ular tangga siswa nantinya akan diberikan kartu soal dan siswa diminta untuk memecahkan permaslahan sesuai yang ada pada kartu secara berkelompok, kartu soal berisi mengenai materi nonfiksi dan keragaman di Negeriku, dalam bermain media ular tangga siswa diajarkan untu bisa berani menjawab, berani memecahkan permasalahan yang terdapat pada kartu soal. Nantinya mampu memancing siswa dalam meingkatkan hasil belajar yang bisa dilakukan dengan bermain sambil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Gondoharum kecamatan Jekulo Kabupaten Kudusyang terdiri dari 19 siswa, 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji Validitasnya menggunakan Validitas Expert Judgment. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisiskuantitatif dan kualitatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Problem Solving, Ular Tangga Engklek, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 May 2021 19:44
Last Modified: 26 May 2021 19:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item View Item