Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sdn 1 payaman tema indahnya keragaman di negeriku menggunakanmodelstudent facilitator and explaining berbantuan Media rotar

NINGSIH, MUNIA (2020) Peningkatan hasil belajar siswa kelas iv sdn 1 payaman tema indahnya keragaman di negeriku menggunakanmodelstudent facilitator and explaining berbantuan Media rotar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (568kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan ketrampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPS dan Bahasa Indonesia siswa menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media ROTAR pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD N 1 Payaman. Model Student Facilitator and Explaining merupakan model pembelajaran yang penyampaian materinya dilakukan dengan cara mendemonstrasikan, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan materi yang mereka pahami melalui demonstrasi tersebut kepada teman-temannya. Media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar yang dapat menunjang tingginya hasil belajar yang diperoleh siswa. ROTAR (Roda Putar) merupakan media yang menyerupai roda atau lingkaran yang terbagi menjadi beberapa sektor atau bagian yang di dalamnya terdapat materi-materi pembelajaran. Penelitian ini menerapkan model student facilitator and explaining difokuskan pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksankan di kelas IV SD 1 Payaman dengan subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terbagi atas dua kali pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanan, pelaksanaan dan tindakan. Pengamatan dan fefleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes, non tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus 1 ranah pengetahuan siswa muatan IPS secara klasikal memperoleh persentase 62,06% dengan rata-rata 72,24, sedangkan pada muatan Bahasa indonesia memperoleh persentase 65,51% dengan rata-rata 74,82. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 89,65% dengan rata-rata 83,62 pada muatan IPS, sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia memperoleh persentase 93,10% dengan rata-rata 86,03. Hasil keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus 1 memperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria baik, sedangkan pada siklus II meningkat dengan persentase 89% dengn kriteria sangat baik. Ranah keterampilan siswa muatan IPS pada siklus 1 memperoleh jumlah 2068,33 dengan rata-rata 71,32 meningkat pada siklus 2 dengan jumlah 2282,05 dengan rata-rata menjadi 78,69 sedangkan muatan Bahasa Indonesia siklus 1 memperoleh jumlah 2089,17 dengan rata-rata 72,04 meningkat pada siklus II dengan jumlah 2239,19 rata-rata menjadi 77,21.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons. Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Indahnya Keragaman di Negeriku, Student Facilitator And Explaining, ROTAR.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 May 2021 19:53
Last Modified: 26 May 2021 19:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14139

Actions (login required)

View Item View Item