Peningkatan hasil belajar siswa kelas v sdn 1 payaman pada tema peristiwa dalam kehidupan menggunakanmodel teams games tournamentberbantuan Media eku

ANNUR, MIA NOVITA (2020) Peningkatan hasil belajar siswa kelas v sdn 1 payaman pada tema peristiwa dalam kehidupan menggunakanmodel teams games tournamentberbantuan Media eku. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (43MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media EKU terhadap peningkatan keterampilan dasar mengajar guru dan hasil belajar belajar siswa. Penelitian ini dikhususkan pada tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Model Teams Games Tournamentmerupakan salah satu model pembelajaran yang dalam pelaksanaanya melibatkan seluruh siswa tanpa adanya perbedaan serta mengandung adanya unsur permainan yang berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media EKU merupakan media yang terbuat dari bannerdengan bentuk seperti mainan tradisional engklek gunung yang memiliki 8 bidang pijakan dimana disetiap bidangnya berisi nomor soal pertanyaan untuk dijawab yang dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan mengingat siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan dasar mengajar guru dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran TGT (Teams Games Tounament) berbantuan Media EKU. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 1 Payaman dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model TGT (Teams Games Tournament). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dankualitatif. Hasil keterampilan dasar mengajar guru pada penelitian siklus I memperoleh rata-rata sebesar 75,5% dan pada siklus II sebesar 86%. Hasil belajar siswa pada penelitian ini siklus I muatan IPS persentase siswa tuntas sebesar 44,82%. Bahasa Indonesia memperoleh persentase siswa tuntas sebesar 58,62%. Meningkat pada siklus II muatan IPS memperoleh persentase siswa tuntas sebesar 82,76%. Sedangkan Bahasa Indonesia memperoleh persentase siswa tuntas sebesar 75,87%. Hasil belajar keterampilan pada siklus I sebesar 55,34% dan mengalami kenaikan pada siklus II menjadi 78,20%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas V SDN 1 Payaman dengan menggunakan model Teams Games Tournament berbantuan media EKU dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dra Sumarwiyah, M.Pd. Kons, Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Teams Games Tournament, Media EKU
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 May 2021 20:20
Last Modified: 26 May 2021 20:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14140

Actions (login required)

View Item View Item