NURHADI, MOCH (2020) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah Di kelas vi sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (540kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (262kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (596kB) | Preview |
Text (Lampiran)
SEMUA LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI Sekolah Dasar 2)Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI Sekolah Dasar 3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada operasi hitung bilangan cacah di kelas VI Sekolah Dasar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experiment design dengan desain nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran problem based learning, kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran inkuiri dan Instrumen penelitian menggunakan observasi, dan soal pre-test maupun post-test. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas,uji reabilitas,uji homogenitas,uji kesamaan rata-rata,uji pembeda,perhitungan Indeks Gain. Hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI SD Negeri Balerejo 1, hal ini berdasarkan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 10.660 > t-tabel 1.69236. Terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI SD Negeri Brakas, hal ini berdasarkan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 9.603> t-tabel 1.68957. Rata-rata kelas model Problem Based Learning 74,93 dan ketuntasan belajar mencapai 100%, sedangkan rata-rata kelas model Inquiry 71,93 dan ketuntasan belajar mencapai 98%. Kesimpulan hasil penelitian pembelajaran model Problem Based Learning lebih baik dari pada pembelajaran model Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada operasi hitung bilangan cacah. Saran sebaiknya setiap pendidik dalam memberikan pembelajaran kepada siswa menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Sri Surachmi, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Inkuiri,Bilangan Cacah,Kelas VI dan hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 May 2021 20:27 |
Last Modified: | 28 May 2021 20:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14151 |
Actions (login required)
View Item |