Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah Di kelas vi sekolah dasar

NURHADI, MOCH (2020) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah Di kelas vi sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
SEMUA LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI Sekolah Dasar 2)Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI Sekolah Dasar 3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada operasi hitung bilangan cacah di kelas VI Sekolah Dasar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experiment design dengan desain nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran problem based learning, kelompok eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran inkuiri dan Instrumen penelitian menggunakan observasi, dan soal pre-test maupun post-test. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas,uji reabilitas,uji homogenitas,uji kesamaan rata-rata,uji pembeda,perhitungan Indeks Gain. Hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI SD Negeri Balerejo 1, hal ini berdasarkan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 10.660 > t-tabel 1.69236. Terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah di kelas VI SD Negeri Brakas, hal ini berdasarkan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 9.603> t-tabel 1.68957. Rata-rata kelas model Problem Based Learning 74,93 dan ketuntasan belajar mencapai 100%, sedangkan rata-rata kelas model Inquiry 71,93 dan ketuntasan belajar mencapai 98%. Kesimpulan hasil penelitian pembelajaran model Problem Based Learning lebih baik dari pada pembelajaran model Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada operasi hitung bilangan cacah. Saran sebaiknya setiap pendidik dalam memberikan pembelajaran kepada siswa menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Surachmi, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Inkuiri,Bilangan Cacah,Kelas VI dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 May 2021 20:27
Last Modified: 28 May 2021 20:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item