Penerapan model teams games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar tema 6 cita-citaku berbantuan media daper kelas iv sdn 5 gondoharum kudus

NISAI, MIR’ATIN (2020) Penerapan model teams games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar tema 6 cita-citaku berbantuan media daper kelas iv sdn 5 gondoharum kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar tema 6 cita-citaku berbantuan media DAPER kelas IV SDN 5 Gondoharum Kudus. Model Teams Games Tournamnet (TGT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan peserta didik dengan perbedaan status dan mengandung unsur permainan. Hasil belajar adalah perubahan yang dimiliki oleh siswa setelah melaksanakan kegiatan belajar yang menyangkut aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Namun dalam penelitian ini yang diukur pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Media DAPER merupakan media pembelajaran berupa roda putar yang berisikan nomor-nomor soal untuk dijawab, dan ketentuan lainnya. Keterampilan mengajar guru adalah kemampuan seorang guru dalam melaksankan kinerjanya secara maksimal dan profesional yang diperlihatkan selama proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 5 Gondoharum dengan subjek penelitian 16 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Selain itu analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I ranah pengetahuna siswa muatan IPS dan Bahasa Indonesia secara klasikal memperoleh persentase 68.75% (Baik). Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan persentase klasikal menjadi 87.50% (Sangat baik). Pada ranah keterampilan, siklus I muatan IPS dan Bahasa Indonesia memperoleh persentase 69.84% (Baik). Kemudian pada siklus II memperoleh persentase 83.75% (Baik). Hasil keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan, siklus I memperoleh persentase 78.00% (Baik) dan siklus II meningkat persentase menjadi 88.50% (Sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siswa kelas IV SDN 5 Gondoharum dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media DAPER dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, Media DAPER, dan Teams Games Tournament.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 May 2021 20:33
Last Modified: 28 May 2021 20:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14152

Actions (login required)

View Item View Item