Penerapan numbered head together dan talking stick untuk penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar di kecamatan dempet

CHIKMAH, NURUL (2020) Penerapan numbered head together dan talking stick untuk penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar di kecamatan dempet. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
SEMUA LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang (1) seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Dempet. (2) menjelaskan seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Dempet. (3) menemukan perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick untuk Penguatan Pendidkan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Dempet. Model pembelajaran Numbered Head Together adalah suatu Model pembelajaran yang mengkondisikan siswa untuk memadukan hasil kesimpulan dan pendapat dari seluruh anggota kelompok dan setiap anggota kelompok diberikan nomor. Model pembelajaran Talking Stick adalah pembelajaran dengan dibantu tongkat. Guru memberi pertanyaan pada siswa yang memegang tongkat paling akhir. Pendidikan Karakter adalah pendidikan yang meliputi cipta, rasa dan karsa. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini yaitu guru akan membandingkan dua model pembelajaran tersebut dan untuk mengetahui keefektifan dari salah satu model pembelajaran yang digunakan. Pembelajaran menitikberatkan pada penguatan pendidikan karakter. Proses pembelajaran disesuaikan dengan tahapan pembelajaran yang mengacu pada penggunaan model. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode komparatif. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Dempet Kabupaten Demak dengan sampel 6 SD. Variabel bebas adalah model Numbered Head Together dan model Talking Stick. Adapun variable terikat adalah penguatan pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan analisis akhir (uji hipotesis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Numbered Head Together untuk Penguatan Pendidikan Karakter siswa sekolah dasar. Hal ini terbukti t hitung > t tabel (23.879>1,9864 ) dan Sig. (2-tailed)< 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaranTalking Stick untuk Penguatan Pendidikan Karakter siswa sekolah dasar. Hal ini terbukti nilai t hitung > t tabel (18.883 >1,9864 ) dan sig< 0,05. (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan metode Numbered Head Together dan Talking Stickuntuk penguatan Pendidikan Karakter Siswa sekolah dasar. Hal ini dibuktikan nilai t hitung > t table (8,057 >1, 9855) dan NilaiSig. (2-tailed) untuk semua variabel adalah 00, maka sig < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick dapat meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Dempet.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: Numbered Head Together, Talking Stick, dan Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 May 2021 20:36
Last Modified: 28 May 2021 20:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14153

Actions (login required)

View Item View Item