Penerapan model think pair share berbantuan media komik strip untuk meningkatkan hasil belajar Siswa tema cita-citaku muatan bahasa Indonesia dan ips kelas iv Sd 4 gribig kudus

UTARI, ERTANTINA EMI (2020) Penerapan model think pair share berbantuan media komik strip untuk meningkatkan hasil belajar Siswa tema cita-citaku muatan bahasa Indonesia dan ips kelas iv Sd 4 gribig kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 4 Gribig Kudus. Hasil belajar siswa masih rendah, dari 16 siswa yang mencapai KKM hanya 7 siswa (43,75%), sedangkan 9 siswa (56,25%) tidak mencapai KKM. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Think Pair Share berbantuan media komik strip pada tema cita-citaku muatan Bahasa Indonesia dan IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Think Pair Share berbantuan media komik strip pada tema cita-citaku muatan Bahasa Indonesia dan IPS. Think Pair Share adalah suatu model pembelajaran yang kooperatif yang memberi waktu kepada siswa untuk berpikir dan merespons serta saling membantu antar anggota kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 4 Gribig Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru dan hsail belajar siswa, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share berbantuan media komik strip. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media komik strip dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dari data siklus I dengan rata-rata skor 70,75 dan persentase 56,25% yang termasuk dalam kategori perlu bimbingan, kemudian naik sangat signifikan pada siklus II dengan rata-rata skor 85,25dan 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan keterampilan mengajar guru dari 62% pada siklus I menjadi 80% siklus II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS Tema cita-citaku siswa kelas IV SD 4 Gribig Kudus. Berdasarkan penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan model Think Pair Share berbantuan media komik strip menjadi lebih menarik sehingga siswa menjadi lebih aktif ketika mengikuti pembelajaran dan memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Mila Roysa, S. Pd, M. Pd. Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S. Pd, MA.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair Share, Komik Strip
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 May 2021 21:19
Last Modified: 28 May 2021 21:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14162

Actions (login required)

View Item View Item