Efektivitas model group investigation berbantuan media watak kalinyamatan terhadap pemahaman konsep Tema 6 siswa kelas iv sdn 1 damarjati

ASTUTI, NURLAELY DWI (2020) Efektivitas model group investigation berbantuan media watak kalinyamatan terhadap pemahaman konsep Tema 6 siswa kelas iv sdn 1 damarjati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran menggunakan model GI berbantuan media Watak Kalinyamatan, dan mengukur aktivitas belajar siswa setelah diberi pembelajaran melalui model GI berbantuan media Watak Kalinyamatan. Pemahaman konsep adalah kemampuan berpikir siswa dalam menuliskan konsep pembelajaran, memberi contoh dan bukan contoh, dan mengaplikasikan konsep ke pemecahan masalah. Pemahaman konsep dapat ditingkatkan melalui kegiatan mencari dan menemukan sendiri materi pelajarannya. GI merupakan salah satu model pembelajaran dimana kelas dibagi beberapa kelompok, masing-masing kelompok dituntut untuk menginvestigasi topik pembelajaran. selain itu, media juga berperan penting dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa, media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media Watak Kalinyamatan. Hipotesis penelitian ini yaitu (1) terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran melalui model GI berbantuan media Watak Kalinyamatan, (2) rata-rata pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran model GI berbantuan media Watak Kalinyamatan ≥ 65, (3) aktivitas siswa setelah diberikan pembelajaran melalui model GI berbantuan media Watak Kalinyamatan ≥ 65. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre Experiment Designs. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SDN 1 Damarjati yang berjumlah 45 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data tahap awal yang meliputi uji normalitas dan analisis data tahap akhir yang meliputi uji normalitas, analisis deskripsi pemahaman konsep, analisis deskripsi aktivitas siswa, dan uji hipotesis yang meliputi uji peningkatan pemahaman konsep (uji n-gain), uji t deskriptif pemahaman konsep, dan uji t deskriptif aktivitas siswa. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah (1) terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah diterapkan model GI berbantuan media Watak Kalinyamatan, (2) P-value = 0.039 > 0.025 maka H0 diterima. Artinya rata-rata nilai posttest pemahaman konsep siswa melalui model GI berbantuan media Watak Kalinyamatan mendapatkan nilai ≥ 65, (3) pada aktivitas belajar siswa pertemuan 1, P-value = 0 < 0.025 maka H0 ditolak. Pada aktivitas belajar siswa pertemuan 2, 3 dan 4 P-value = 0.1075, 0.045, dan 0.037 ≥ 0,025 maka H0 diterima. Artinya aktivitas siswa setelah diberikan pembelajaran melalui model GI berbantuan media Watak Kalinyamatan ≥ 65.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Muhammad Noor Ahsin, M.Pd, Pembimbing 2 Siti Masfuah, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Group Investigation dan Media Watak Kalinyamatan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Buku-buku acuan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Jun 2021 20:13
Last Modified: 01 Jun 2021 20:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14166

Actions (login required)

View Item View Item