Pengembangan bahan ajar ips berbasis lingkungan geografis pada pembelajaran tematik siswa Kelas v sekolah dasar kabupaten kudus

ROSAVINA, TYESA RESTI (2020) Pengembangan bahan ajar ips berbasis lingkungan geografis pada pembelajaran tematik siswa Kelas v sekolah dasar kabupaten kudus. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
1. Judul.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI]
Preview
Text (BAB VI)
7. BAB VI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
9. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis bentuk bahan ajar yang dipakai dalam pembelajaran kelas V SD, 2) mendeskripsikan karakteristik bahan ajar IPS berbasis lingkungan geografis yang dikembangkan pada siswa kelas V SD, 3) menguji kevalidan bahan ajar berbasis lingkungan geografis, 4) menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis lingkungan geografis dan 5) menguji efektivitas bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbasis lingkungan geografis sampai tahap membuat bahan ajar. Bahan ajar adalah materi yang disusun secara sistematis yang sesuai dengan kurikulum untuk membantu guru melaksanakan pembelajaran yang bertujuan agar proses pembelajaran berjalan dengan maksimal. Pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan geografis sebagai sumber dan tempat pembelajaran dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa, suasana inovatif dan sosio-psikologis dalam suasana yang rileks tetapi tetap terarah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar kecamatan Gebog yang baru melaksanakan kurikulum 2013 pada kelas V. Subjek uji coba masing-masing kelas ditetapkan dengan teknik cluster purposive sampling. Fokus penelitian yaitu di SD 3 Karangmalang, SD 1 Kedungsari, SD 10 Gondosari dan SD 2 Jurang. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah tes, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil validasi terhadap bahan ajar yang dilakukan oleh empat orang validator ahli menunjukkan skor akhir 3,48 dengan kriteria sangat baik. Perolehan skor bahan ajar yang dikembangkan dikembangkan semuanya melebihi batas minimal keberhasilan penelitian yakni > 3,25. N-Gain pada kelompok kontrol, sebanyak 65,5% memiliki kenaikan hasil belajar sedang dan 34,5% dalam kategori rendah. Pada kelompok eksperimen sebanyak 57,5% memiliki kenaikan hasil belajar sedang dan 42,5% tergolong tinggi. Hasil uji t diperoleh menggunakan independent sample t-test diperoleh xi nilai thitung = 5,032. Pada taraf kesalahan 0,05 diperoleh ttabel =1,67 karena thitung = 5,032 > ttabel = 1,67 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Simpulan penelitian ini adalah (1) Hasil pengembangan bahan ajar yang telah dilakukan pada penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut dapat diimplementasikan dalam pembelajaran (2) Validator menilai bahan ajar yang dikembangkan dengan kriteria keberhasilan (sangat valid) menunjukkan bahwa bahan ajar IPS berbasis lingkungan geografis pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran pada materi peta dan kenampakan alam sekitar (3) bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) bahan ajar IPS berbasis lingkungan geografis pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 Dr. Su'ad, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Lingkungan Geografis, Tematik
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Jun 2021 23:52
Last Modified: 21 Jun 2021 23:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14196

Actions (login required)

View Item View Item