Efl student teachers’ problems in implementing lesson plan in teaching internship program

ARDIEN, SHADY AZALEA (2020) Efl student teachers’ problems in implementing lesson plan in teaching internship program. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Keterampilan terpenting dalam mengajar adalah kemampuan mendesain dan mengimplementasikan rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran adalah alat penting yang memandu mahasiswa mengatur komponen dalam proses belajar mengajar seperti tujuan pembelajaran, materi, langkah mengajar, penilaian dan lainnya sebelum melaksanakan praktik mengajar. Program magang mengajar adalah aktivitas menantang dari jurusan pendidikan bahasa Inggris yang harus diikuti mahasiswa semester tujuh untuk melatih kemampuan mengajar mereka. Oleh karena itu rancangan pembelajaran menjadi bekal utama yang bisa membantu mereka praktik mengajar dengan baik karena menyediakan bahan penting seperti cara mengajar, bagaimana menilai siswa dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan permasalahan mahasiswa dalam mengimplementasikan rencana pembelajaran di program magang mengajar dan strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu studi kasus. Peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner online, wawancara online serta menganalisis dokumen. Peserta dari penelitian ini ada 36 mahasiswa semester tujuh yang mengikuti program magang mengajar di pendidikan bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun akademik 2019/2020. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ada 13 permasalahan dari penerapan rencana pembelajaran di magang mengajar yang dihadapi mahasiswa semester tujuh PBI UMK. Permasalahan tersebut antara lain adalah permasalahan dalam melakukan apersepsi, menguasai materi pembelajaran, strategi mengajar, pendekatan dalam mengajar, media dan sumber belajar mengajar, menyimpulkan materi, penilaian, respon para siswa, menghadapi situasi tak terduga, mengatur waktu, mengatur kelas, mengatur variasi mengajar yang menarik. Ada 11 strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut yang diaplikasikan oleh mahasiswa. Antara lain adalah mencocokkan rencana pembelajaran dengan kebutuhan siswa, menggunakan brainstorming, menggunakan permainan, membuat modifikasi, berusaha fleksibel dan mudah beradaptasi, menggunakan PPT, menggunakan strategi diskusi, menggunakan catatan kecil atau rencana alternatif, konsultasi ke guru pamong, menggunakan variasi mengajar yang menarik seperti menggunakan variasi media dan metode menarik, mengatur waktu dengan baik. Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini bisa diguanakan oleh mahasiswa sebagai refleksi diri untuk menganalisa masalah dan menemukan solusi yang tepat, dan untuk dosen supaya bisa membantu mahasiswa mengidentifikasi masalah mereka serta menyediakan strategi untuk mengatasinya. Lalu untuk peneliti selanjutnya semoga bisa melanjutkan penelitian ini dengan menemukan masalah dan solusi yang lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Fitri Budi Suryani, S.S, M.Pd. (2) Sri Surachmi W, M.Pd.
Kata Kunci: Rencana Pembelajaran, Masalah, Penanganan
Subjects: Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Jun 2021 20:21
Last Modified: 22 Jun 2021 20:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14205

Actions (login required)

View Item View Item