Penerapan model teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar tema cita-citaku Berbantuan media ludo pintar kelas 4 Sd negeri winong 01 pati

KARA, RAKA BAGAS (2020) Penerapan model teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar tema cita-citaku Berbantuan media ludo pintar kelas 4 Sd negeri winong 01 pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsiskan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan guru. (2) Mendeskripsiskan hasil belajar siswa dengan model Teams Games Tournament berbantuan Media Ludo Pintar. Teams Games Tournament adalah suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap kelompok melibatkan seluruh aktivitas siswa sehingga menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persingan sehat dan keterlibatan belajar. Hasil belajar merupakan kemampuan perubahan tingkah laku yang diperoleh setelah melalui kegiatan belajar. Ludo pintar adalah permainan tradisional yang menyenangkan, menghibur dan mudah dilakukan oleh siswa dengan menggunakan papan yang cocok untuk pembelajaran yang aktif secara berkelompok dengan menjawab kartu soal bergambar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Teams Games Tournament berbantuan media Ludo Pintar. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Winong 01 Pati dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Teams Games Tournament. Teknik pengumulan data dalam penelitian ini adalah tes, pedoaman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dan keterampilan guru tema 6 Cita-Citaku. Hasil belajar aspek pengetahuan mengalami peningkatan pada muatan IPS siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 65,22% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 91,30%. Pada muatan Bahasa Indonesia siklus I memperoleh ketuntasan klasiklal 69,56% dan siklus II memperoleh 86,96%. Keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh 69,56% dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh 91,30% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan pada siswa kelas IV SDN Winong 01 Pati, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media Ludo Pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd. Dosen pembimbing 2 Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Ludo Pintar, Model Teams Games Tournament
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Jun 2021 20:24
Last Modified: 22 Jun 2021 20:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14207

Actions (login required)

View Item View Item