Pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan media kapindo untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd

ROSIDAH, LINA (2020) Pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan media kapindo untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku kelas iv sd. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya berpikir kritis siswa, sehingga peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO dalam proses pembelajarannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, menganalisis peningkatan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan secara individu dan klasikal dengan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO. Berpikir kritis adalah kegiatan dalam menganalisis sebuah ide secara logis dan sistematis, untuk membantu mengambil keputusan tentang apa yang diyakini sehingga berhasil memecahkan masalah yang dihadapi. Model pembelajaran SAVI memiliki arti bahwa belajar harus memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa. Model pembelajaran SAVI ini dipadukan dengan media KAPINDO. KAPINDO merupakan kepanjangan dari “Kantong Pintar Doraemon”. Media ini dibuat dalam bentuk doraemon dengan ukuran besar, dibagian tubuh doraemon akan ada 6 kantong didalamnya berisi sebuah pengetahuan yang terdiri dari puzzle dan soal. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 1 Pelemkerep Jepara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji z dan uji n-gain. Hasil penelitian mendapatkan bahwa (1) berpikir kritis siswa aspek pengetahuan setelah diterapkan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO lebih baik dibandingakan sebelum diberi perlakuan. Hal ini terlihat dari nilai Zhitung -4,16 < -Ztabel -1,96. (2) penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO dapat meningkatkan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai gain aspek pengetahuan secara klasikal dengan nilai 0,3673 kategori sedang, sedangkan secara individu peningkatan dengan tingkat paling tinggi sebesar 0%, sedang sebesar 79,5% dengan jumlah 31 siswa, dan rendah sebesar 20,5% dengan jumlah 8. Dan nilai gain aspek keterampilan secara klasikal dengan nilai 0,5186 kategori sedang, sedangkan secara individu peningkatan dengan tingkat paling tinggi sebesar 12,8% dengan jumlah 5 siswa, sedang sebesar 79,5% dengan jumlah 31 siswa, dan rendah sebesar 7,7% dengan jumlah 3 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan media KAPINDO berpengaruh untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada Tema 6 Cita-Citaku kelas IV SD, dengan hasil ini bisa dijadikan referensi oleh pendidik dalam melakukan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing 1 Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. Dosen pembimbing 2 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, SAVI, KAPINDO
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Jun 2021 20:46
Last Modified: 22 Jun 2021 20:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14209

Actions (login required)

View Item View Item