Pengaruh model discovery learning dan inkuiri Terhadap prestasi belajar ipa tema peristiwa dalam kehidupan bagi siswa sd

AMIN, SODIKUL (2020) Pengaruh model discovery learning dan inkuiri Terhadap prestasi belajar ipa tema peristiwa dalam kehidupan bagi siswa sd. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar IPA di kelas V, 2) menganalisis pengaruh pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Inkuiri terhadap prestasi belajar IPA di kelas V, 3) menganalisis perbedaan pengaruh prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri di kelas V. Peneliti mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning dan Inkuiri terhadap kualitas pembelajaran pada siswa SD Kelas VI di Gugus Jatisono Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimental (experimental research) karena dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 6 Sekolah dengan data 140 siswa dan sampel 3 sekolahan pada siswa kelas V SD Negeri Kangkung 1, SD Negeri Kangkung 3, dan SD Negeri Kebonbatur 1. Pemilihan sampling dalam penelitian ini adalah dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan Tes tetulis. .Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan Uji hipotesisi adalah uji t dan uji N gain. Hasil penelitian adalah 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa SD Kelas V di Gugus Jatisono Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak yang dibuktikan dengan terbukti t hitung>t tabel (2.957 >2,0106) hipotesisi 1 terbukti, 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap prestasi belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa SD Kelas V di Gugus Jatisono Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. yang dibuktikan dengan uji t t hitung>t tabel (6.480 >2,01296), hipotesisi 2 terbukti 3) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri terhadap prestasi belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa SD Kelas V di Gugus Jatisono Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. yang dibuktikan nilai t hitung > t (4,666 >2,0117). hipotesisi 3 terbukti Berdasarkan penelitian guru disarankan perlu meningkatkan kualitasnya dan menggunakan model pembelajaran yang tepat inkuiri dan discovery learning agar kualitas pembelajaran siswa meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Murtono, M.Pd, (2) Dr. Achmad Hilal Madidi, M.Pd.
Kata Kunci: Model Discovery Learning, Inkuiri, dan prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 19:24
Last Modified: 23 Jun 2021 19:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14226

Actions (login required)

View Item View Item