Peningkatan komunikasi matematis siswa kelas iv sd 1 gamong melalui model somatic, auditory, visualization, intellectualy berbantuan media papan bangun datar materi angun datar

SAFITRI, ENDAH NOOR (2020) Peningkatan komunikasi matematis siswa kelas iv sd 1 gamong melalui model somatic, auditory, visualization, intellectualy berbantuan media papan bangun datar materi angun datar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran model (SAVI) berbantuan media papan bangun datar. Komunikasi matematis siswa merupakan kemampuan yang penting dan harus dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran untuk menangkap ide-ide matematika. SAVI adalah model pembelajaran mengaitkan semua indera untuk mengaktifkan siswa melalui menggambar atau melakukan aktivitas, berbicara atau berkomunikasi, mengamati, dan berpikir. Media papan bangun datar adalah papan yang terdiri dari beberapa bentuk bangun datar persegi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 1 Gamong. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 siswa kelas IV dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap menggunakan model PTK Kemmis & McTaggart yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI berbantuan media papan bangun datar, sedangkan variabel terikatnya adalah komunikasi matematis siswa kelas IV SD 1 Gamong dan keterampilan mengajar guru. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data diperoleh dari tindakan yang dilakukan oleh peneliti yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model SAVI berbantuan media papan bangun datar sebagai berikut. (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa mningkat dari siklus I memperoleh rata-rata 70,76 dengan ketuntasan klasikal 61,53%, pada siklus II memperoleh rata-rata 77,38 dengan ketuntasan klasikal 76,92%, (2) Keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 2,51 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh rata-rata 2,74 dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model SAVI berbantuan media papan bangun datar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar pada kelas IV SD 1 Gamong. Saran yang diberikan yaitu hendaknya model SAVI dijadikan alternatif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd. Dosen pembimbing 2 Savitri Wanabuliandari, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: : Komunikasi Matematis Siswa, Media Papan Bangun Datar, Keliling Dan Luas Bangun Datar, Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 19:25
Last Modified: 23 Jun 2021 19:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14227

Actions (login required)

View Item View Item