Penerapan layanan bimbingan kelompok tekink mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas xi ips 1 sma negeri 1 nalumsari

PUTRI, ADELIANA RISMA ANDHARA (2020) Penerapan layanan bimbingan kelompok tekink mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas xi ips 1 sma negeri 1 nalumsari. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (879kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV fix.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB) | Request a copy

Abstrak

Mind mapping merupakan pemetaan pikiran dengan cara mencatat yang kreatif, efisien, efektif, menarik, yang dapat digunakan untuk mempermudah mengingat informasi. Bimbingan kelompok merupakan bantuan yang diberikan kepada individu berupa pemberian-pemberian informasi yang dilakukan dalam bentuk berkelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk membantu individu mencapai perkembangan optimal. Motivasi belajar adalah dorongan dari dalam maupun dari luar diri seseorang yang berupa suatu kegiatan yang bermanfaat, seperti kegiatan belajar demi mencapai satu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Nalumsari Tahun 2019/2020. 2) memperoleh peningkatan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok Teknik mind mapping pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Nalumsari tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subjek yang diteliti adalah 8 siswa kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Nalumsari yang memiliki motivasi belajar rendah. Hasil penelitian diketahui bahwa motivasi belajar subjek penelitian pada pra siklus diperoleh skor rata-rata 27 dengan kategori Sangat Kurang (SK). Pada pelaksanaan tindakan siklus I pertemuan pertama diperoleh skor rata-rata 31 dengan kategori Sangat Kurang (SK), pertemuan kedua diperoleh skor 39 dengan kategoriKurang (K) dan pertemuan ketiga diperoleh skor rata-rata 42 dengan kategoriKurang (K). Pada pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan pertama diperoleh skor rata-rata 46 dengan kategori Kurang (K), pertemuan kedua diperoleh skor rata-rata 47 dengan kategori Kurang (K), dan pertemuan ketiga diperoleh skor 68 dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil skor yang diperoleh tersebut, skor motivasi belajar siswa memperoleh peningkatan sebanyak 11. Simpulan hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan motivasi belajar subjek penelitian mulai dari pra siklus, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Hasil penelitan aktivitas peneliti dalam melaksanakan layanan tindakan pada siklus I dipertemuan pertama, memperoleh skor 48 dengan kategori Kurang (K), pada pertemuan kedua, memperoleh skor rata-rata 49 dengan kategori Kurang (K). Pada pertemuan Ketiga, memperoleh skor rata-rata 65 dengan kategori Baik (B), dan pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 65 dengan kategori Baik (B), pertemuan kedua, memperoleh skor rata-rata 67 dengan kategori Sangat Baik (SB), dan pertemuan ketiga, memperoleh skor rata-rata 77 dengan kategor Sangat Baik (SB), peningkatan skor yang diperoleh yaitu sebanyak 13. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Disarankan kepada: 1). Siswa, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar yang baik, karena motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang paling penting bagi siswa untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. 2). Guru BK, dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping lanjutan dengan lebih baik untuk meningkatkan motivasi belajar agar keberhasilan belajar siswa di sekolah dapat mencapai dengan optimal. 3). Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan sarana dan prasarana yang baik untuk mendukung kegiatan bimbingan dan konseling, agar guru BK dapat membantu mengembangkan potensi siswa dengan optimal. 4) Bagi Peneliti, diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai rujukan, sumber informasi dan bahan refrensi penelitian selanjutnya agar bisa lebih dikembangkan dalam materi-materi yang lainnya untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing 1 Drs. Masturi, MM. Dosen pembimbing 2 Drs. Susilo Rahardjoo, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Mind Mapping, Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 20:11
Last Modified: 23 Jun 2021 20:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item