Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model inkuiri berbantuan media kotak berpikir indonesia pada tema 7 Indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd negeri karanganyar 2

KURNIASARI, LINDA (2020) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model inkuiri berbantuan media kotak berpikir indonesia pada tema 7 Indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd negeri karanganyar 2. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (954kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi yang diajarkan Indahyna keragaman di Negeriku yang meliputi suku bahasa, adat dan pakaian adat di Indonesia melalui model Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus, dengan pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan nontes yang terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitafif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa ang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model inkuiri berbantuan media kotak berpikir Indonesia pada tema 7 kelas IV SD Negeri Karanganar 2 pada hasil tes prasiklus menunjukan presentase ketuntasan klasikal 66,92% mengalami peningkatan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 74,32% dan pada siklus II mengalami kenaikan yang signifikan dengan rata-rata perolehan skor sebesar 85,24%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri berbantuan media kotak berpikir Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada tema 7.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd. (2) Eko Widianto, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: berpikir kritis, media kotak berpikir Indonesia, model inkuiri
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 21:27
Last Modified: 23 Jun 2021 21:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item