Penerapan model time token berbantuan media kartu kuartet untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd n tlogoharum 01

AMALIA, FAIZ (2020) Penerapan model time token berbantuan media kartu kuartet untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sd n tlogoharum 01. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar siswa Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD N Tlogoharum 01 tahun ajaran 2019/2020. Model pembelajaran time token adalah model pembelajaran dengan mengajak siswa aktif mengungkapkan pendapatnya tanpa merasa malu dan takut serta bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa sehingga tepat digunakan dalam proses pembelajaran. Media kartu kuartet adalah suatu permainan kartu yang teridiri dari tulisan dan gambar dengan tema yang telah ditentukan serta dimainkan oleh 2 sampai 4 pemain. Hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi kemampuan yang dimiliki oleh siswa, baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Subjek penelitian ini berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Validitas dan reliabilitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan. Hasil penelitian siklus I keterampilan mengajar guru mencapai skor 75 persentase ketuntasan 75% dengan kriteria “baik” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi skor 94 persentase ketuntasan 94% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 69 ketuntasan klasikal 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78%. Hasil belajar IPS siswa ranah kognitif pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73 ketuntasan klasikal 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 82 ketuntasan klasikal, yaitu 85%. Hasil belajar ranah psikomotorik siswa siklus I memperoleh skor 216 dengan persentase 65% kriteria “cukup” dan siklus II meningkat menjadi skor 218 dengan persentase 85% kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas IV SD N Tlogoharum 01, disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar tema 7 indahnya keragaman di negeriku melalui model time token berbantuan media kartu kuartet pada siswa kelas IV SD N Tlogoharum 01.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Mila Roysa, S.Pd,, M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Model Time Token, Media Kartu Kuartet, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 21:30
Last Modified: 23 Jun 2021 21:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item View Item