Pengaruh model contextual teaching and learning berbantuan buklet terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas iv sekolah dasar

DEWI, SHINTA (2020) Pengaruh model contextual teaching and learning berbantuan buklet terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (729kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dijumpai pada saat pembelajaran yaitu masih terpusat kepada guru dan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan analisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan booklet lebih baik daripada yang diajarkan menggunakan model ceramah dan (2) mendeskripsikan analisis rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model CTL berbantuan booklet mencapai kriteria ketuntasan minimal pada tema cita-citaku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan tipe The nonequivalent posttest-only control group desain. Populasi dari penelitian adalah semua siswa kelas IV SD Sekecamatan Jekulo bagian Timur. Sampel dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Bulungcangkring sebagai kelas eksperimen dengan model CTL berbantuan buklet dan SDN 3 Bulungcangkring sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan tes. Analisis statistik deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini meliputi uji independent sample t-test dan uji one sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan berpikir siswa yang diajar dengan model CTL berbantuaan buklet lebih baik daripada yang diajar dengan model ceramah (2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa 63,9 yang diajar dengan model pembelajaran CTL lebih dari 70 (KKM). Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model CTL berbantuan booklet terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV Sekolah Dasar pada tema cita-citaku materi sumber daya alam dan puisi. Adapun saran pada penelitian ini model CTL berbantuan buklet dapat digunakan guru-guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Murtono, M.Pd. (2) Ratri Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Berpikir Kreatif, Media Buklet
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 21:45
Last Modified: 23 Jun 2021 21:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item View Item