Penerapan model numbered head together berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 cita-citaku kelas iv Sd 5 kedungsari

YANTI, NUNING HARDI (2020) Penerapan model numbered head together berbantuan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 cita-citaku kelas iv Sd 5 kedungsari. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
01 HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (965kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan ketrampilan guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari ajaran 2019/2020 menggunakan model Numbered Head Together berbantuan media Puzzle pada muatan pelajaran IPS materi sumber daya alam dan muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi. Model Numbered Head Together adalah salah satu model pembelajaran kooperatif, dimana setiap siswa diberi nomor kepala. Puzzle adalah salah satu media permainan edukasi menyusun gambar. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 5 Kedungsari dengan subjek penelitian 18 siswa dan guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilaksanakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Numbered Head Together berbantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Murtono, M. Pd Dosen Pembimbing (2) Much. Arsyad Fardani, M. Pd.
Kata Kunci: Numbered Head Together, Puzzle, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 21:54
Last Modified: 23 Jun 2021 21:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14246

Actions (login required)

View Item View Item