Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model student teams achievement division berbantu media pop up book pada siswa kelas iv tema 6 cita-citaku sdn margorejo 01

MASITHOHSARI, ALIFIANI (2020) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model student teams achievement division berbantu media pop up book pada siswa kelas iv tema 6 cita-citaku sdn margorejo 01. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa, keterampilan mengajar guru melalui model student teams achievement division berbantu media pop up book pada tema 6 cita-citaku kelas IV SDN Margorejo 01. Kemampuan berpikir kritis merupakan cara berpikir tingkat tinggi dalam menganalisis dan mengevaluasi suatu masalah. Model student teams achievement division merupakan model pembelajaran secara berkelompok untuk saling memotivasi dan bertukar gagasan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media Pop Up berbentuk buku bergambar yang dapat bergerak atau 3 dimensi yang digunakan untuk mengemas sesuatu (materi pembelajaran) dan tampak timbul ketika halaman di buka. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model student teams achievement division berbantu media pop up book dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Margorejo 01, serta meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar siswa kelas IV SDN Margorejo 01 pada muatan pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini akan dilakukan di kelas IV SDN Margorejo 01 dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini direncanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tema 6 cita-citaku melalui model student teams achievement division berbantu media pop up book mengalami peningkatan. Kemampuan berpikir kritis siswa siklus I sebesar 72% dengan kriteria perlu bimbingan, siklus II sebesar 80% dengan kriteria cukup. Aktivitas belajar siswa aspek sikap siklus I sebesar 73% dengan kriteria perlu bimbingan, siklus II sebesar 82% dengan kriteria cukup. Aktivitas belajar siswa aspek keterampilan siklus I sebesar 74% dengan kriteria perlu bimbingan, siklus II sebesar 84% dengan krteria baik. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran student teams achievement division berbantu media pop up book dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku siswa kelas IV SDN Margorejo 01. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Margorejo 01 bahwa dengan menggunakan model student teams achievement division berbantu media pop up book dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku siswa kelas IV SDN Margorejo 01.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Student Teams Achievement Divison, Pop Up Book
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:25
Last Modified: 23 Jun 2021 23:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14250

Actions (login required)

View Item View Item