Peningkatan pemahaman konsep pada tema 6 cita-citaku menggunakan model experiental learning berbantuan media diorama kelas iv sd negeri 2 hadipolo kudus

KISMA, AYU DANDINI (2020) Peningkatan pemahaman konsep pada tema 6 cita-citaku menggunakan model experiental learning berbantuan media diorama kelas iv sd negeri 2 hadipolo kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan pemahaman konsep, keterampilan guru, dan ranah sikap dan ranah keterampilan kelas IV SD Negeri 2 Hadipolo kudus. Pemahaman konsep merupakan proses individu menguasai dan memahami informasi yang diperoleh dari pembelajaran yang dilihat melalui kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak yang ditunjukkan oleh anak dalam memahami definisi, pengertian, ciri-ciri khusus, hakikat, inti atau isi dari materi, dan kemampuan dalam memilih atau menggunakan proses efesien dan tepat. Model Experiental Learning merupakan model pembelajaran berdasarkan pengalaman yang mampu mengaktifkan siswa dalam melibatkan pengalaman sehingga siswa mampu menemukan pemahaman baru. Media diorama merupakan media pembelajaran berbentuk tiga dimensi yang biasanya digunakan seperti tiruan pemandangan alam maupun perkotaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Validitas dan reliabilitas digunakan peneliti untuk menguji kelayakan dari soal tes yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73, 72 kriteria perlu bimbingan dan mengalami peningkatan siklus II memperoleh nilai rata-rata 85, 05 kriteria baik. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72, 65 kriteria perlu bimbingan dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh rata-rata 88, 28 kriteria baik. Ranah sikap siklus I memperoleh nilai rata-rata 71, 78 kriteria perlu bimbingan dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh rata-rata 89, 35 Ranah keterampilan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74, 14 kriteria perlu bimbingan dan mengalami peningktan pada siklus II memperoleh rata-rata 87, 21. Simpulan pada hasil penelitian bahwa penggunaan model pembelajaran experiental learning berbantuan media diorama dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan guru, serta ranah afektif dan ranah psikomotorik pada tema 6 Cita-citaku muatan Bahasa Indonesia dan IPS d ikelas IV SD Negeri 2 Hadipolo Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru sebaiknya lebih terampil dalam menerapkan model pembelajaran sesuai dengan karakter siswa sehingga siswa tidak merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (I) Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd., (II) Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Experiental Learning, Media Diorama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:30
Last Modified: 23 Jun 2021 23:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14251

Actions (login required)

View Item View Item