Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas v Sd 3 mejobo pada tema 6 menggunakan model Contextual teaching and learning Berbantuan media pop up book

NIHAYAH, ANIS ZULFATIN (2020) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas v Sd 3 mejobo pada tema 6 menggunakan model Contextual teaching and learning Berbantuan media pop up book. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis penerapan model pembelajaran contextual teaching learning berbantuan media pop up book mampu meningkatkan berfikir kreatif siswa pada tema panas dan perpindahannya. (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran tema panas dan perpindahannya dengan diterapkannya model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media pop up book. (3) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema panas dan perpindahannya melalui model pembelajaran contextual teaching learning berbantuan media pop up book kelas V SD 3 Mejobo. Kemampuan berpikir kreatif merupakan suatu proses berpikir yang menghasilkan bermacam-macam kemungkinan jawaban. Model pembelajaran contextual teaching and learning merupakan model pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan dunia nyata siswa. Pop up book merupakan media tiga dimensi jika dibuka akan menampilkan gambar sumber energi, perpindahan panas pada sumber energi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model contextual teaching and learning berbantuan media pop up book dapat meningkatkan, kemampuan berpikir kreatif siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD 3 Mejobo. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif siswa, lembar observasi keterampilan guru, dan lembar aktivitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan berpikir kreatif siswa pada tema 6 panas dan perpindahannya dari siklus I mencapai ketuntasan klasikal 54%, ke siklus II mencapai 85% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I mendapatkan 68, dan pada siklus II mendapatkan 84. Peningkatan juga terjadi pada skor rata-rata keterampilan mengajar guru siklus I mencapai 75, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87. Hasil penelitian juga menunjukkan Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning berbantun media pop-up book dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Fina Fakhriyah, S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Much Arsyad Fardani, M.Pd
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Contextual Teaching And Learning, Pop-Up Book
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:36
Last Modified: 23 Jun 2021 23:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14252

Actions (login required)

View Item View Item