Analisis pola kebiasaan dalam perilaku akademik pada diskusi pembelajaran siswa kelas iv sd 5 karangbener

ZULFA, MAULIDA NOOR MILA (2020) Analisis pola kebiasaan dalam perilaku akademik pada diskusi pembelajaran siswa kelas iv sd 5 karangbener. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola kebiasaan perilaku akademik pada diskusi pembelajaran siswa kelas 4 SD 5 Karangbener yang terdiri dari 24 siswa dengan mengambil subjek siswa dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Pembelajaran di kelas IV SD 5 Karangbener menggunakan metode diskusi untuk kegiatan pembelajaran sehari-harinya. Hasil analisis terhadap perilaku akademik siswa selama diskusi pembelajaran menemukan temuan beberapa klasifikasi perilaku siswa saat berdiskusi diantaranya berdoa sebelum pelajaran dimulai, memperhatikan penjelasan guru, membuat ringkasan materi, tepat waktu dalam mengerjakan tugas, ikut berpartisipasi dalam diskusi, berani mengungkapkan pendapat, menghargai pendapat siswa lain, menulis hasil diskusi, menyampaikan hasil diskusi dengan percaya diri, rajin membaca, semangat dalam mengikuti pembelajaran, konsentrasi saat pembelajaran berlangsung, rajin mengerjakan latihan soal, berani bertanya ketika mendapatkan kesulitan saat mengerjakan latihan soal. Perilaku akademik siswa kelas IV SD 5 Karangbener termasuk dalam interprestasi sangat baik dengan indikator perilaku yang telah ditemukan berdasarkan data lapangan. Metode diskusi memberikan dampak positif akademik siswa yang dapat ditinjau dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 Much Arsyad Fardani, M.Pd.
Kata Kunci: Perilaku Akademik dan Diskusi Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:47
Last Modified: 23 Jun 2021 23:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14254

Actions (login required)

View Item View Item