Hubungan minat belajar ipa siswa kelas v sd negeri 2 pelemkerep terhadap hasil belajar selama pembelajaran daring

SIDIQ, DICKY AHMAD NOR (2020) Hubungan minat belajar ipa siswa kelas v sd negeri 2 pelemkerep terhadap hasil belajar selama pembelajaran daring. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep selama pembelajaran daring dan menganalisis hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri 2 Pelemkerep selama pembelajaran daring. Penelitian ini memfokuskan pada minat belajar IPA yang dikorelasikan dengan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring pada tema 9 Kayanya Negeriku. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet untuk menjangkau kelompok yang massif dan luas melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara online tanpa adanya tatap muka. Dengan adanya pembelajaran daring yang diterapkan pada pembelajaran IPA, diharapkan minat belajar IPA siswa tidak terpengaruh. Minat belajar adalah sikap ketaatan individu pada kegiatan belajar, sehingga memiliki rasa senang dan dorongan terhadap kegiatan belajar yang dilakukan melalui latihan-latihan atapun pengalaman dengan sungguh-sungguh. Agar tercapainya minat belajar diperlukan indikator dalam mengukur ketercapaian minat belajar, yaitu perhatian, ketertarikan, rasa senang, dan keterlibatan Pada setiap proses pembelajaran tentunya diharapakan peserta didik memperoleh hasil belajar yang baik. Hasil belajar siswa menunjukan kemampuan dan kualitas siswa sebagai dampak dari proses pembelajaran yang dilaluinya. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah melaksanakan kegiatan belajar dan merupakan penilaian untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam bentuk kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep Jepara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi product moment dan uji t satu sampel. Hasil uji korelasi variabel minat belajar dengan variabel hasil belajar IPA siswa sebesar 0,905, dengan nilai signifikansi < taraf signifikansi (1/2 α) yaitu 0,00 < 0,025, maka Ho ditolak. Sedangkan uji t satu sampel menunjukan bahwa nilai signifikansi < taraf signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan minat belajar IPA dengan hasil belajar IPA siswa SD Negeri 2 Pelemkerep selama pembelajaran daring dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,905 pada kategori sangat kuat dan (2) rata-rata minat belajar IPA siswa SD Negeri 2 Pelemkerep selama pembelajaran daring > 50%. Saran peneliti siswa SD diharapkan selalu aktif dan disiplin dalam proses pembelajaran, guru diharapkan untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menarik, dan peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis disarankan untuk mengembangkan penelitian ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Fina Fakhriyah,S.Pd.,M.Pd. (2) Siti Masfuah,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:52
Last Modified: 23 Jun 2021 23:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item