ARDI, SUSILO PERMONO (2020) Tanggung jawab pihak hotel terhadap kehilangan atau kerusakan barang dalam perjanjian penitipan barang di kabupaten kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (783kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (371kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (402kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
Abstrak
Skripsi yang berjudul “Tanggung Jawab Pihak Hotel Terhadap Kehilangan Atau Kerusakan Barang Dalam Perjanjian Penitipan Barang Di Kabupaten Kudus” bertujuan untuk mengetahui bentuk dan pelaksanaan perjanjian penitipan barang antara pihak konsumen dengan pihak hotel di Kabupaten Kudus serta tanggung jawab pihak hotel terhadap kehilangan dan rusaknya barang konsumen dalam perjanjian penitipan barang di Kabupaten Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis, pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder, setelah data diperoleh maka disusun secara sistematis, kemudian dianalisa dengan permasalahan lapangan sehingga memperoleh kejelasan dari permasalahan yang dibahas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan perjanjian penitipan barang antara pihak konsumen dengan pihak hotel di Kabupaten Kudus sebagai berikut: Pihak Hotel King’s dan Amandah Hotel dengan konsumen dilakukan secara tertulis, sedangkan perjanjian penitipan barang di Hotel Star dan Hotel Kudus Indah secara lisan. Pelaksanaan perjanjian keempat hotel tersebut telah memenuhi syarat sah perjanjian sebagaimana diatur Pasal 1320 KUHPerdata. Perjanjian penitipan barang terdapat ketidaksesuaian antara tanggungjawab pihak hotel dengan konsumen yaitu manajemen tidak bertanggungjawab terkait kehilangan atau kerusakan barang milik konsumen. Tanggung jawab pihak hotel terhadap kehilangan atau kerusakan barang konsumen dalam perjanjian penitipan barang di Kabupaten Kudus kurang baik, karena manajemen hotel bertanggung jawab terhadap kehilangan ataupun kerusakan barang milik tamu hanya setengah dari nilai kehilangan ataupun kerusakan. Berdasarkan Pasal 18 angka (1) huruf (a) pengalihan tanggungjawab pelaku usaha dilarang dan manjemen hotel harus mengganti kerugian konsumen senilai dengan harga barang yang hilang, sehingga manajemen hotel harus mengganti kerugian konsumen senilai kerusakan atau kehilangan tersebut.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | 1. Sukresno, S.H., M.Hum 2. Dwiyana Achmad Hartanto, S.H., SHI., M.H |
Kata Kunci: | Tanggung jawab, Hotel, Penitipan Barang, Kerusakan, Kehilangan |
Subjects: | Hukum |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 19:50 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 19:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14269 |
Actions (login required)
View Item |