Students’ perceptions on using positive reinforcement in english learning

HANDAYANI, NARUMI (2020) Students’ perceptions on using positive reinforcement in english learning. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstrak

Guru mempunyai peran yang penting di dalam proses pembelajaran yang didukung baik oleh murid. Guru harus dapat mengatur kelas dengan baik. Mereka mempunyai kesempatan untuk mempengaruhi dengan positif perilaku siswanya, motivasi siswamya dan partisipasi siswanya.Salah satu metode yang bisa digunakan dikelas yaitu penguatan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mencari persepsi siswa terhadap penggunaan penguatan yang positif di dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penguatan yang positif dapat meningkatkan partisipasi siswa, perilaku siswa, dan motivasi siswa dikelas. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu persepsi siswa terhadap penggunaan terhadap penggunaan penguatan yang positif di dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan sumber datanya yaitu 25 siswa kelas VII SMP 2 Jati Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Terkait dengan pengumpulan datanya, peneliti menggunakan close-ended kuesioner dengan 20 pernyataan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan penguatan yang positif di dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil penelitian ini adalah siswa mempunyai tanggapan yang positif dan persepsi yang positif sebagai jawaban yang paling dominan.Hasilnya menunjukkan bahwa setelah siswa diberi penguatan positif di dalam kelas, mereka lebih tertarik untuk menanggapi pertanyaan, meikmati pembelajaran dan antusias selama pelajaran, dan mereka lebih menyukai pelajaran tersebut.Artinya bahwa penguatan positif dapat menjadi metode yang kreatif dan efektif untuk pengajaran dan pembelajaran. Peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan guru Bahasa Inggris sebgaai salah satu teknik dan metode untuk memotivasi siswa di dalam proses pengajaran dan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Rusiana, S.Pd., M.Pd. (2) Aisyah Ririn Perwikasih Utari, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi, Penguatan Positif, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan sastra > Sastra Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Jun 2021 20:52
Last Modified: 25 Jun 2021 20:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14307

Actions (login required)

View Item View Item