HANDAYANI, NARUMI (2020) Students’ perceptions on using positive reinforcement in english learning. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (176kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
Abstrak
Guru mempunyai peran yang penting di dalam proses pembelajaran yang didukung baik oleh murid. Guru harus dapat mengatur kelas dengan baik. Mereka mempunyai kesempatan untuk mempengaruhi dengan positif perilaku siswanya, motivasi siswamya dan partisipasi siswanya.Salah satu metode yang bisa digunakan dikelas yaitu penguatan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mencari persepsi siswa terhadap penggunaan penguatan yang positif di dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penguatan yang positif dapat meningkatkan partisipasi siswa, perilaku siswa, dan motivasi siswa dikelas. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu persepsi siswa terhadap penggunaan terhadap penggunaan penguatan yang positif di dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan sumber datanya yaitu 25 siswa kelas VII SMP 2 Jati Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Terkait dengan pengumpulan datanya, peneliti menggunakan close-ended kuesioner dengan 20 pernyataan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan penguatan yang positif di dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil penelitian ini adalah siswa mempunyai tanggapan yang positif dan persepsi yang positif sebagai jawaban yang paling dominan.Hasilnya menunjukkan bahwa setelah siswa diberi penguatan positif di dalam kelas, mereka lebih tertarik untuk menanggapi pertanyaan, meikmati pembelajaran dan antusias selama pelajaran, dan mereka lebih menyukai pelajaran tersebut.Artinya bahwa penguatan positif dapat menjadi metode yang kreatif dan efektif untuk pengajaran dan pembelajaran. Peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan guru Bahasa Inggris sebgaai salah satu teknik dan metode untuk memotivasi siswa di dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Rusiana, S.Pd., M.Pd. (2) Aisyah Ririn Perwikasih Utari, S.S., M.Pd. |
Kata Kunci: | Persepsi, Penguatan Positif, Pembelajaran Bahasa Inggris |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Sastra Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 20:52 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 20:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14307 |
Actions (login required)
View Item |