Pengaruh model pembelajaran role playing dan snowball trhowing terhadap keterampilan berbicara siswa sd kelas iii di gugus ra kartini

YUSMI, YUSMI (2020) Pengaruh model pembelajaran role playing dan snowball trhowing terhadap keterampilan berbicara siswa sd kelas iii di gugus ra kartini. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis penerapan model pembelajaran role playing dalam upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa, 2) menganalisis penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa. Pembelajaran role playing adalah pembelajaran bermain peran dimana siswa mencari pengetahuan dengan melakukan sebuah peran yang mana mereka harus tahu maksud dari setiap peran yang dilakukannya dan kelompoknya. Sedangkan model pembelajaran snowball throwing merupakan pembelajaran yang di desain seperti permainan melempar bola. Model pembelajaran snowball throwing merupakan model yang mengaktifkan siswa untuk mampu berbicara tetapi dengan tahapan siswa dapat membuat soal sekaligus menguji daya serap materi yang telah mereka pelajari dalam sebuah pertanyaan yang ditulis dalam kertas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas III SD di Gugus RA Kartini. Sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Sebelum diuji hipotesis dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Jika data ketrampilan siswa sudah valid dan homogen dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis uji hipotesis dipaparkan sebagai berikut: 1) Hipotesis pertama antara kelas role playing dan kelas konvensional menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), yang artinya Ha1 diterima bahwa role paying berpengaruh terhadap ketrampilan berbicara; 2) Uji hipotesis kedua antara kelas snowball throwing dan kelas konvensional menunjukkan nilai signifikansi sebesar sebesar 0,02 (0,02 < 0,05) yang artinya Ha2 diterima bahwa model snowball throwing berpengaruh terhadap ketrampilan berbicara, dan 3) Uji hipotesis yang ketiga menunjukkan antar model pembelajaran role playing dan snowball throwing nilai signifikansi ketrampilan berbicara Bahasa Indonesia sebesar 0,017 (0,017 < 0,05). Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis, maka Ha3 diterima dan Ho3 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing lebih berpengaruh daripada pembelajaran snowball throwing terhadap ketrampilan berbicara siswa SD kelas II di Gugus RA Kartini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dr. Su’ad., M.Pd., Dosen Pembimbing II Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Role Playing, Snowball Throwing, Ketrampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Jun 2021 21:46
Last Modified: 25 Jun 2021 21:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14317

Actions (login required)

View Item View Item