Pengaruh model problem based learning berbantuan media ankitar terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas v sdn 1 tigajuru

RIVALDY, ROBITH (2020) Pengaruh model problem based learning berbantuan media ankitar terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas v sdn 1 tigajuru. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa aspek pengetahuan yang disebabkan karena kurangnya inovasi dalam pembelajaran diantaranya guru belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran atau masih menggunakan model konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menguji perbedaan rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan dan aktivitas siswa kelas V SDN 1 Tigajuru yang diajar menggunakan model PBL berbantuan media ANKITAR. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini yaitu hasil belajar pada aspek pengethauan dan aktivitas belajar siswa pada aspek keterampilan. Model PBL menekankan siswa aktif menyelesaikan masalah dan aktif berdiskusi bersama temannya. Sedangkan media ANKITAR menggunakan Android yang mempunyai inovasi baru terhadap siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga siswa tidak mudah jenuh dan monoton saat pembelajaran. Jenis penelitin ini adalah Pre Experimental Design dengan bentuk desain One Group Pretest- Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Tigajuru. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model PBL berbantuan media ANKITAR sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t (Paried Simple T- Test). Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan media ANKITAR dengan nilai sig 0,000. Sedangkan untuk aktivitas terdapat rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan media ANKITAR dengan nilai sig 0,000. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantuan media ANKITAR berpengaruh bagi hasil belajar siswa dan aktivitas siswa kelas V di SDN 1 Tigajuru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (I) Sekar Dwi Ardianti, S.Pd.,M.Pd; (II) Imaniar Purbasari, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, PBL, ANKITAR
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Jun 2021 23:35
Last Modified: 25 Jun 2021 23:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item