Peningkatan hasil belajar siswa melalui model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar tema 7 pada siswa kelas iv di sdn pagerharjo 01

AZKA, MILLATI (2020) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar tema 7 pada siswa kelas iv di sdn pagerharjo 01. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Pagerharjo 01 Pati pada muatan Bahasa Indonesia dan IPA. Hasil belajar adalah hasil akhir dari proses pembelajaran yang dicapai siswa menyangkut ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model inkuiri terbimbing adalah tahapan proses pembelajaran yang dirancang untuk melatih siswa melakukan proses meneliti atau penemuan untuk memahami suatu konsep berdasarkan masalah yang diajukan sehingga memperoleh pengetahuan dengan bimbingan dari guru. Media roda pintar merupakan salah satu media pembelajaran visual yang berbentuk roda atau lingkaran yang terbagi menjadi 6 sektor yang di dalamnya terdapat kantung yang berisi kartu soal. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa pada tema 7 kelas IV SDN Pagerharjo 01 Pati. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pagerharjo 01 dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi atas dua kali pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan roda pintar, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes, non tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 69% (Perlu bimbingan), siklus II 88% (Baik). Hasil belajar Bahasa Indonesia pada ranah pengetahuan prasiklus (48%) IPA (41%), Bahasa Indonesia siklus I (62%) dan IPA (55%), pada siklus II Bahasa Indonesia (97%) dan pada muatan IPA (93%). Hasil belajar ranah sikap siklus I (67%) dan siklus II (83%). Hasil belajar ranah keterampilan siklus I (68%) dan siklus II (86%). Berdasarkan hPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa dengan penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Pagerharjo 01 Pati pada muatan Bahasa Indonesia dan IPA. Hasil belajar adalah hasil akhir dari proses pembelajaran yang dicapai siswa menyangkut ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model inkuiri terbimbing adalah tahapan proses pembelajaran yang dirancang untuk melatih siswa melakukan proses meneliti atau penemuan untuk memahami suatu konsep berdasarkan masalah yang diajukan sehingga memperoleh pengetahuan dengan bimbingan dari guru. Media roda pintar merupakan salah satu media pembelajaran visual yang berbentuk roda atau lingkaran yang terbagi menjadi 6 sektor yang di dalamnya terdapat kantung yang berisi kartu soal. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar siswa pada tema 7 kelas IV SDN Pagerharjo 01 Pati. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pagerharjo 01 dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi atas dua kali pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dan roda pintar, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes, non tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan yaitu keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I 69% (Perlu bimbingan), siklus II 88% (Baik). Hasil belajar Bahasa Indonesia pada ranah pengetahuan prasiklus (48%) IPA (41%), Bahasa Indonesia siklus I (62%) dan IPA (55%), pada siklus II Bahasa Indonesia (97%) dan pada muatan IPA (93%). Hasil belajar ranah sikap siklus I (67%) dan siklus II (83%). Hasil belajar ranah keterampilan siklus I (68%) dan siklus II (86%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Pagerharjo 01 asil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV SDN Pagerharjo 01

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Inkuiri terbimbing, Roda Pintar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jun 2021 19:12
Last Modified: 27 Jun 2021 19:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item