The use of community language learning (cll) to enrich The speaking ability of the tenth grade students of Man 1 kudus in academic year 2019/2020

WIJAYA, NADA NITI JOKO (2020) The use of community language learning (cll) to enrich The speaking ability of the tenth grade students of Man 1 kudus in academic year 2019/2020. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (991kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstrak

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang telah diajarkan hampir di semua tingkatan sekolahan di Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Berbicara merupakan salah satu dari empat keahlian bahasa. Akan tetapi, hampir semua malu dan khawatir untuk berbicara bahasa inggris. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menerapkan pembelajaran Kelompok sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara di kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas tahun akademik 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi apakah ada perbedaan yang khusus antara kemampuan siswa berbicara bahasa inggris kelas sepuluh Sekolah Menengah Atas Kudus sebelum dan setelah menggunakan pembelajaran kelompok tahuna jaran 2019/2020. Sebuah desain penelitian eksperimental digunakan untuk mengumpulkan data, sedangkan pendekatan kuantitative digunakan untuk menganalisis data. Skripsi ini termasuk dalam kategori percobaan penelitian kuantitative menggunakan kelompok dengan desain pretest-posttest. Data dari skripsi ini diperoleh dari tes lisan berbicara. Tes lisan berbicara tersebut diujikan kepada 32 siswa kelas sepuluh dari MAN 1 Kudus tahun akademik 2019/2020. Kelompok pembelajaran berbicara bahasa inggris kelas sepuluh MAN 1 Kudus pada tahun akademik 2019/2020 sebelum diajarkan menggunakan pembelajaran berbicara bahasa inggris adalah cukup. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata adalah 57,63 dan standart deviasinya adalah 5.04. Sementara itu, kemampuan siswa dalam berbicara bahasa inggris siswa kelas sepuluh MAN 1 Kudus pada tahun akademik 2019/2020 sesudah diajarkan menggunakan kelompok pembelajaran berbicara adalah baik. Ditunjukkan dari rata-rata hasil tes adalah 79, 62 dan standart deviasinya adalah 2.74. Mudah untuk memahami bahwa ada perbedaan siginifikan dari nilai rata-rata dan standart deviasi pre-test dan post-test. Nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai rata-rata pre-test. Tapi, kita harus menguji hasil tersebut menggunakan t-test kemudian t-table. Kemudian, hasilnya adalah t-test (to = 17.7 > t-table = 2.042). Jadi, ada perbedaan signifikan antara kemampuan berbicara bahasa inggris siswa kelas sepuluh MAN 1 Kudus pada tahun akademik 2019/2020 sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan kelompok pembelajaran berbicara. Berdasarkan hasil diatas, membuktikan bahwa kelompok pembelajaran berbicara sebagai metode dapat membantu kemampuan berbicara siswa kelas sepuluh MAN 1 Kudus pada tahun akademik 2019/2020. Jadi, para guru bahasa inggris diharapkan dapat menggunakan kelompok pembelajaran berbicara sebagai salah satu metode pembelajaran dalam pengajuan bahasa inggris, terutama dalam hal berbicara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Rismiyanto, S.S, M.Pd. (2) Dr.SriSurachmi W, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbicara, Kelompok Pembelajaran Berbicara
Subjects: Bahasa dan sastra > Sastra Inggris
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jun 2021 19:28
Last Modified: 27 Jun 2021 19:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item View Item