Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolahdan penguasaan it terhadap motivasi gurudalam pembelajaran daring selama covid-19

LEGOWATI, LEGOWATI (2020) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolahdan penguasaan it terhadap motivasi gurudalam pembelajaran daring selama covid-19. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang adalah rendahnya motivasi guru dalam pembelajaran masa pandemi covid 19 hal ini diduga karena faktor gaya kepemimpinan kepala sekolah yang belum terlaksanan dengan baik serta penguasaan IT dari guru yang masih rendah, Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukanseberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi guru dalam pembelajaran daring selama covid-19; (2) menemukanseberapa besar pengaruh penguasaan IT guru terhadap motivasi guru dalam pembelajaran daring selama covid-19; (3) menemukan seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan penguasaan IT guru secara bersama-sama terhadap motivasiguru dalam pembelajaran daring selama covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang mencari hubungan sebab akibat antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan penguasaan IT guru dengan motivasi menagajar guru. Metode yang digunakan adalah metode survei kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak, dengan teknik pengambilan sampel propotional random sampling.Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) uji persyaratan dengan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas, serta uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini (1) terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi mengajar guru selama pembelajaran daringsebesar 29,1% dengan nilai korelasi sebesar0,543; (2) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan IT guru terhadap motivasi mengajar guru selama pembelajaran daringsebesar 80,9% dengan nilai korelasi sebesar0,900; (3) tedapat pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan penguasaan IT guru secara bersama-sama terhadap motivasi mengajar guru selama pembelajaran daringsebesar 81,4% dengan nilai korelasi sebesar0,903 Saran dari peneliti agar kepala sekolah di Kecamatan Mranggen terus meningkatkan kemampuan dalam memimpin sekolahdan bagi guru untuk meningkatkan penguasaan IT guna meningkatkan motivasi dalam pembelajaran daring sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I: Dr. Suad, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: gaya kepemimpinan, pengusaan IT, motivasi guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jun 2021 20:10
Last Modified: 28 Jun 2021 20:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14330

Actions (login required)

View Item View Item