Penerapan model think pair share dan mind mapping berbantu compact disc pembelajaran Untuk meningkatkan pemahamannilai - nilai pancasila di kelas vi sekolah dasar

CAHYONO, AHMAD DWI (2020) Penerapan model think pair share dan mind mapping berbantu compact disc pembelajaran Untuk meningkatkan pemahamannilai - nilai pancasila di kelas vi sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemehaman siswa pada nilai-nilai pancasila, oleh sebab itu diperlukan model pembelajajran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada nilai pancasila yaitu pembelajaran model mind mapiing dan Think Pair Share tang berbantu CD pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) Menemukan adanya peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila peserta didik setelah penerapan Think Pair Share berbantu CD pembelajaran, (2) Menemukan adanya peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila peserta didik setelah penerapan model Mind Mappingberbantu CD pembelajaran, (3) Menemukan adanya perbedaan peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila di kelas VIsekolah dasar antara model Think Pair Share berbantu CD pembelajaran dan model Mind Mapping berbantu CD pembelajaran Penelitian ini menggunakan non equivalent pretest posttest control group design, Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak dengan sampel 5 SD. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Think Pair Share dan mind maping berbantu CD pembelajarandan model Mind Maping berbantu CD pembelajaran, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman nilai-nilai pancasila. Tehnik pengumpulan data adalah tes, observasi dan wawancara. Tehnik analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat amalisis, dan uji hipotesis menggunakan uji t. dan N-gain Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila dengan penerapan model Think Pair Share berbantu CD pembelajaran terhadap di kelas VI sekolah dasarkarena t hitung sebesar 5,204 maka 5,204 > 1, 9879 sehingga thitung > ttabel. 2) terdapat peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila dengan penerapan model Mind Mapping berbantu CD pembelajaran terhadap di kelas VI sekolah dasar. berdasarkan hasil t hitung sebesar 9.646 maka 9.646 > 1, 9879 sehingga thitung > ttabel. 3) terdapat peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila dengan penerapan model Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu CD pembelajaran terhadap di kelas VI sekolah dasar. berdasarkan hasil t hitung sebesar 4.855maka Think Pair Share 4.855> 1, 9876sehingga thitung > ttabel. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu CD pembelajaran dapat meningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila di kelas VI sekolah dasar. Kesimpulannya adalah pembelajaran model Mind Mapping dan Think Pair Share berbantu CD pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila pada siswa di kelas VI SD Kecamatan wonosalam Kabupaten Demak. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu CD pembelajaran utnuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Murtono, M.Pd. (2) Dr.Slamet Utomo, M.Pd
Kata Kunci: Think Pair Share, Mind Mapping, CD Pembelajaran, Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jun 2021 20:28
Last Modified: 28 Jun 2021 20:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14332

Actions (login required)

View Item View Item