Potret pendidikan karakter sopan santun melalui pembiasaan dan muatan lokal bahasa jawa di sdn genengmulyo 01 kecamatan juwana kabupaten pati

RIANI, FITA DWI (2020) Potret pendidikan karakter sopan santun melalui pembiasaan dan muatan lokal bahasa jawa di sdn genengmulyo 01 kecamatan juwana kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah lunturnya karakter sopan santun pada generasi saat ini akibat dari era globalisasi. Akibatnya sekarang ini sering kita jumpai perkelahian antar siswa, siswa yang tidak menghormati guru dan orang tua, siswa yang sering bertindak dan berkata kotor, membolos sekolah. Bahkan mereka juga tidak segan-segan untuk berbuat kasar kepada guru maupun orang yang lebih tua. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Menganalisis sikap sopan santun siswa SDN Genengmulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, (2) Menganalisis penerapan karakter sopan santun pada siswa SDN Genengmulyo 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati dan (3) Mediskripsikan Pendidikan karakter sopan santun melalui program pembiasaan dan pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa di SDN Genengmulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Metode penelitian yang dipilih adalah diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dapat diuji keabsahannya dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelelitian menunjukan bahwa (1) siswa SDN Genengmulyo 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati memiliki sifat sopan dan santun. Sikap sopan santun ini dilakukan melalui pembiasaan dan muatan lokal Bahasa Jawa. Dalam penerapannya guru SDN Genengmulyo memberikan teladan yang baik untuk penerapan sikap sopan santun anak, selain itu penerapan sikap sopan santun juga terdapat pada tata tertib sekolah maupun tata tertib kelas. Penrapan pendidikan karakter sopan santun yang dilakukan di SDN Genengmulyo 01 juga tertuang dalam kurikulum sekolah.perencanaan pendidikan karakter sopan santun melalui pembiasaan dan muatan lokal Bahasa Jawa dituankan dalam visi, misi dan kurikulum sekolah. (2)Perencanaan disusun oleh kepala sekolah bekerjasama dengan guru, tenaga kependidikan, pengawas dan komite sekolah, (3) Implementasi pendidikan karakter sopan santun dikembangkan melalui terintegrasi dengan mata pelajaran dalam silabus dan RPP. Pembiasaan dikembangkan melalui pembiasaan rutin, terprogram dan keteladanan, (4) Dampak adanya pendidikan akrakter sopan santun melalui pembiasaan dan muatan lokal Bahasa Jawa ini adlah perubah perilaku anak kearah yang lebih positif. Anak memiliki sikap sopan dan santun dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil penelitian, saran saya adalah sekolah-sekolah lain sebaiknya ikut menerapkan pendidikan karakter sopan santun seperti di SDN Genengmulyo 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati , serta bisa melakukan study banding ke SDN Genengmulyo 01 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati yang sudah menerapkan pendidikan karakter sopan santun dengan hasil yang memuaskan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: I Dr. Slamter Utomo, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: Sopan santun, Pembiasaan dan Muatan Lokal Bahasa Jawa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jun 2021 20:52
Last Modified: 28 Jun 2021 20:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14335

Actions (login required)

View Item View Item