Causal factors in english-speaking anxiety of English education departrmen of Univeresitas muria kudus

Septiana, Lina Nurfa (2020) Causal factors in english-speaking anxiety of English education departrmen of Univeresitas muria kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
COVER.pdf - Published Version

Download (930kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Kecemasan merupakan hal yang perlu diatasi dalam berkomunikasi, terlebih dalam aspek berbahasa Inggris. Faktor-faktor penyebab kecemasan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris perlu diketahui dan diatasi untuk membantu mahasiswa agar memilik kemampuan berbicara Bahasa Inggris yang baik. Para mahasiswa yang merasa cemas maupun gugup akan berpengaruh pada pembelajaran bahasa dan kemampuan kinerja, terutama ketika berlatih untuk berbahasa Inggris di kelas berbicara (Subandowo, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor-faktor penyebab kecemasan dalam berbicara bahasa Inggris beserta strategi-strategi untuk mengatasi kecemasan yang dihadapai oleh para mahasiswa semester ketiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus tahun akademik 2019/ 2020. Penulis menggunakan model kualitatif deskriptif untuk mengintepretasikan data yang ada di dalam penelitian ini. Kuesioner dan wawancara digunakan sebagai pendekaatan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam. Data yang terkumppul akan diproses melalui beberapa tahap pemrosesan, seperti pengumpulan data, klasifikasi data, verifikasi data dan pengambilan kesimpulan. Subjek pada penelitian ini adalah para mahasiswa semester ketiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus tahun akademik 2019/2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mendominasi faktor-faktor penyebab kecemasan berbahasa Inggris para mahasiswa adalah kecemsan terhadap tes dengan jumlah prosentase sebesar 41,2% dari jumlah kalkulasi diikuti oleh kecemasan terhadap komunikasi dan ketakutan pada penilaian negatif yang mana memiliki jumlah prosentase yang sama yaitu sebesar 33%. Ini menunjukkanbahwa para mahasiswa mengalami kecemasan ketika mereka diminta untuk berbahasa Inggris di kelas, ini disebabkan oleh kurangnya persiapan dan sumber-sumber pembelajaran berbahasa Inggris. Disisi lain, hasil dari proses wawancara menunjukkan bahwa persiapan dapat menjadi solusi yang baik untuk menjadikan para mahasiswa lebih percaya diri dan mampu mengurangi kecemasan berbahasa Inggris di kelas. Berdasar pada kesimpulan, penulis ingin mengajukan beberapa saran untuk membuat para pembaca mengenali faktor-faktor penyebab kecemsan berbahasa Inggris yang dialami oleh para mahasiswa di kelas beserta strategi�strategi mereka untuk mengurangi kecemasan. Para dosendisarankan untuk mempertimbangkan pemilihan jenis kegiatan sebelum kelas berlangsung bertujuan untuk mengurangi kecemasan para mahasiswa dan membuat mereka lebih percaya diri untuk mengiikuti kelas. Terlebih ketika para dosen mengoreksi keslahan para x mahasiswa, para dosen disarankan untuk menyampaikan dengan cara yang baik daripada membuat mereka merasa terintimidasi di kelas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: (1) Dr. Fitri Budi Suryani, SS, M.Pd. Dosen Pembimbing: (2) Rusiana, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kecemasan Berbicara Bahasa Inggris, Analisis Faktor-faktor Penyebab, Strategi-strategi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Jun 2021 21:00
Last Modified: 29 Jun 2021 21:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14344

Actions (login required)

View Item View Item