Translation problems faced by fourth semester students of general translation class in english education department

Annisa, Rifqa (2020) Translation problems faced by fourth semester students of general translation class in english education department. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
Hal. Judul.pdf

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4]
Preview
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of Bab 6]
Preview
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penerjemahan adalah terjemahan dari sumber bahasa ke bahasa target tanpa mengubah makna sebenarnya dari sumber bahasa. Proses terjemahan tidak semudah yang kita pikirkan sebagai murid jurusan bahasa inggris Perbedaan sering membuat kesulitan dan bahkan banyak membuat kesalahpahaman dalam menerjemahkan teks. Itu menjadi rumit; memilih arti yang tepat dalam bahasa target adalah salah satu tugas tersulit yang sering dihadapi oleh penerjemah. Penerjemahan adalah proses yang kompleks, yang melibatkan factor kebahasaan dan non-kebahasaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penilitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan permasalahan apasaja yang dihadapi mahasiswa dan (2) mengetahui solusi apa yang digunakan mahasiswa semester empat jurusan bahasa inggris tahun 2019/2020 dalam menyelesaikan permasalahannya. Untuk desain penelitian, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan permasalahan siswa di kelas General Translation dan cara siswa dalam menyelesaikan permasalahannya. Penulis mengumpulkan data melalui kuesioner (tertutup dan terbuka). Kemudian, penulis menganalisis data angket dengan menghitung total respon peserta dan meletakkan jawabannya pada tabel, mengkategorikan jawaban angket, kemudian menghitung persentasi masalah siswa berdasakan kategori dengan menggunakan rumus oleh (Healey, 2011:2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah siswa pada faktor kebahasaan lebih dominan daripada faktor non-kebahasaan. Untuk faktor linguistik siswa mengalami kesulitan dalam menerjemahkan idiom, dan pada faktor non-linguistik siswa mengalami kesulitan dalam menerjemahkan nilai-nilai yang berkaitan dengan fisika. Selain itu, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam penerjemahan adalah; (1) Meningkatkan kosakata, (2) Bertanya atau belajar dari teman, (3) Lebih banyak berlatih, (4) Bertanya kepada dosen dan (5) Menemukan sumber lain tentang penerjemahan. Di akhir penelitian ini, penulis menyarankan kepada siswa untuk mengidentifikasi masalahnya sendiri dan mencari cara untuk menyelesaikannya. Dan juga harus meningkatkan kosakata mereka agar menjadi pandai dalam menerjemahkan teks. Selain itu, dosen harus lebih banyak memberikan latihan dan menciptakan metode pengajaran yang kreatif untuk meningkatkan motivasi dan semangat mahasiswa dalam mempelajari terjemahan

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: (1) Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd. Dosen Pembimbing: (2) Agung Dwi Nurcahyo, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Penerjemahan, MasalahSiswa, Kelas General Translation
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Jun 2021 21:19
Last Modified: 29 Jun 2021 21:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14346

Actions (login required)

View Item View Item