BAEHAQI`, UZLIFATUL (2020) Analisis keterampilan mendongeng siswa kelas rendah tahun ajaran 2019-2020 dalam penanaman nilai karakter di sd unggulan muslimat nu kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (521kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (753kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (610kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan mendongeng siswa di SD Unggulan Muslimat NU Kudus, dengan rumusan masalah keterampilan mendongeng siswa kelas rendah, nilai karakter yang ditanamkan siswa pada mendongeng, dan cara siswa menanamkan nilai karakter. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan siswa di SD Unggulan Muslimat NU dalam mendongeng, mengetahui pendidikan karakter apa yang di tanamkan siswa pada saat mendongeng dan untuk mengetahui cara siswa menanamkan nilai karakter saat mendongeng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan keterampilan mendongeng siswa di SD Unggulan Muslimat NU Kudus, nilai karakter yang siswa tanamkan saat mendongeng serta cara yang di gunakan siswa dalam menanamkan nilai karakter dalam mendongeng. Lokasi dalam penelitian ini yaitu SD Unggulan Muslimat NU Kudus dan rumah siswa yang praktik mendongeng. Objek penelitian ini yaitu tentang keterampian mendongeng siswa dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang di gunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas rendah memiliki 3 kategori keterampilan mendongeng yaitu keterampilan mendongeng dengan kategori rendah, ketrampilan mendongeng dengan kategori sedang, dan keterampilan mendongeng dengan kategori tinggi. Pada saat praktik mendongeng, dari 18 indikator nilai karakter, siswa kelas rendah hanya menanamkan 10 nilai karakter yaitu nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai peduli sosial, nilai demokratis, nilai toleransi, nilai cinta damai, nilai religius, nilai menghargai prestasi, dan nilai rasa ingin tahu. Dalam menanamkan nilai karakter, terdapat yang tersirat dalam adegan cerita, ada yang tersirat dalam dialog cerita, tersirat dalam adegan cerita dan tersirat dalam dialog cerita, dan ada yang langsung memberi tahu langsung pesan moral yang terkandung dalam cerita.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurrohman, S.Pd., M.Pd. Dosen pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pendidikan Karakter, Soft Skill, Keterampilan Berbicara, Metode Mendongeng |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 19:27 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 19:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14357 |
Actions (login required)
View Item |