ANAN, KHOFI (2020) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model number head together berbantuan media pohon pintar tema 7 kelas iv sdn margorejo 01 pati. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (773kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (803kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (132kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, peningkatan hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan model number head together berbantuan media pohon pintar pada tema 7 kelas IV SDN Margorejo 01 Pati. Model pembelajaran number head together merupakan model pembelajaran dapat meningkatan kemampuan siswa dan berlatih untuk bekerja sama sesama teman. Pohon Pintar merupakan media suatu alat yang berbentuk Pohon yang dibuat dari papan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan suatu materi terhadap siswa yang dapat menciptkan susasan pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan. Materi di dalam tema 7 kelas IV muatan IPA dan Bahasa Indonesia yang dikaji pada penelitian ini adalah macam-macam gaya dan teks nonfiksi. Hasil belajar merupakan sebagai terjadinya tingkah laku pada diri siswa, yang dapat diamati dan diukur dalam perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran number head together berbantuan media pohon pintar dapat meningkatkan keterampilan guru, peningkatan hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan keterampilan pada tema 7 kelas IV SDN Margorejo 01 Pati. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan pada kelas IV SDN Margorejo 01 Pati dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini akan berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran number head together berbantuan pohon pintar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini berupa tes kemampuan hasil belajar siswa, lembar penilaian, keterampilan siswa, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterampilan guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analis data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru dari siklus I sebesar 72% dan pada siklus II mengalamai peningkatan sebesar 83,5%. Hasil belajar ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia dari siklus I sebesar 63,63% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,27%. Sedangkan pada muatan IPA siklus I sebesar 72,72% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,36%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, Dosen pembimbing 2. M.Pd. 2. Khamdun, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Number Head Together, Media Pohon Pintar, Hasil Belajar, Tema 7 Kelas IV. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 19:36 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 19:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14358 |
Actions (login required)
View Item |