FAUZIAH, SHIFA (2020) Pengaruh model core (connecting, organizing, reflecting, extending) berbantu media pubdiku (puzzle bangun datar batik kudus) terhadap kemampuan berpikir Kritis siswa kelas iv. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (313kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (817kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (719kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (150kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran masih menerapkan model konvensional dan belum menggunakan media. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model CORE berbantuan media PUBDIKU. Model CORE merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan kemampuan berpikir siswa untuk menghubungkan pengetahuan baru dengan yang lama, mengorganisasikan pengetahuan yang diperoleh, dan dijelaskan kembali untuk memperluas pengetahuannya. Media PUBDIKU merupakan media yang berisi potongan-potongan gambar yang bermotif batik Kudus jika disatukan akan membentuk bangun datar yang utuh. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah yaitu SD 1 Kandangmas dan SD 3 Kandangmas dengan subjek keseluruhan 48 siswa. Di SD 1 Kandangmas penelitian berlangsung selama 3 pertemuan sedangkan SD 3 Kandangmas berlangsung selama 1 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes (wawancara dan dokumentasi). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model CORE berbantuan media PUBDIKU lebih dari KKM 65. 2) terdapat proporsi antara kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model CORE berbantuan media PUBDIKU dan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 3) terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model CORE berbantuan media PUBDIKU dan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sebaiknya guru menerapkan model CORE berbantuan media PUBDIKU pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kemampuan Berpikir Kritis, Model CORE, Media PUBDIKU |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 19:50 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 19:50 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14360 |
Actions (login required)
View Item |