Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan permainan ular tangga pada mata pelajaran ips Kelas iv sd

SARI, DITA PRISKA PRAVITA (2020) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan permainan ular tangga pada mata pelajaran ips Kelas iv sd. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
01. JUDUL.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD, (2) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD, dan (3) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning dan permainan ular tangga pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development (R&D). Desain yang digunakan adalah desain pengembangan menurut Borg and Gall yang terdiri dari penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, produk akhir siap digunakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah para ahli yaitu dosen Universitas Muria Kudus, guru dan siswa kelas IV. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan angket validasi ahli, tanggapan guru, dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Media pembelajaran interaktif di ujicobakan di 5 SD wilayah Kecamatan Jati. Untuk mengatasi kesulitan siswa memahami materi pembelajaran IPS maka dibutuhkan media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis PBL dan permainan ular tangga yang dibuat menggunakan Microsoft Powerpoint. Produk dikemas dalam bentuk CD atau soft file dilengkapi dengan buku panduan penggunaan. Media pembelajaran interaktif ini bisa dimainkan di Komputer, laptop, dan HP Android. Penerapan PBL dalam media berupa kegiatan ayo amati, ayo membaca, ayo berpikir, ayo berkarya dan ayo kaji ulang. Penerapan permainan ular tangga diwujudkan berupa latihan soal yang cara mengerjakannya mengadopsi langkah-langkah permainan pada permainan ular tangga. Media pembelajaran interaktif berbasis PBL dan permainan ular tangga terbukti layak digunakan dengan melihat hasil validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli bahasa dan validasi praktisi lapangan berturut-turut 97,50 %, 96,67 %, 92,50 %, 77,86% dengan rata-rata persentase kelayakan mencapai 91,13%. Kelayakan produk juga dilihat berdasarkan hasil ujicoba lapangan yang menunjukkan respon guru dan respon siswa berturut-turut 89,28 % dan 81,06 % dengan rata-rata persentase sebesar 85,17 %. Media pembelajaran interaktif ini layak digunakan pada mata pelajaran IPS dan dapat dikembangkan untuk mata pelajaran dan materi pembelajaran lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. Dr Murtono, M.Pd, Pembimbing II Dr. Slamet Utomo, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, Permainan Ular Tangga
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Jul 2021 19:58
Last Modified: 01 Jul 2021 19:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item View Item