Pengembangan bahan ajar matematika materi waktu, jarak, dan kecepatan berbasis cerita rakyat jepara untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sd

SETYANINGSIH, ANA HIDAYATI (2020) Pengembangan bahan ajar matematika materi waktu, jarak, dan kecepatan berbasis cerita rakyat jepara untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sd. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Bahan ajar merupakan sarana penting untuk menunjang proses pembelajaran Matematika masih dianggap mata pelajaran sulit bagi siswa.Namun, ketersediaan buku ajar matematika yang ada hanya menampilkan konsep-konsep dasar matematika saja dan kurang menarik. Di samping itu bahan ajar matematika yang digunakan masih belum mengangkat kearifan lokal, misalnya cerita rakyat setempat. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar matematika siswa pada materi waktu, jarak, dan kecepetan masih rendah.Bertolak dari latar belakang tersebut, amka dibutuhkan bahan ajar matematika yang menarik serta memasukkan unsur budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi waktu, jarak, dan kecepatan Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Menganalisis kebutuhan bahan ajar matematika materi waktu, jarak, dan kecepatan berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD di Kabupaten Jepara, 2) Menyusun desain bahan ajar matematika materi waktu, jarak, dan kecepatan berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD di Kabupaten Jepara, 3)Menganalisis kelayakan bahan ajar matematika materi waktu, jarak, dan kecepatan berbasis cerita rakyat untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD di Kabupaten Jepara, dan 4) Menemukan respon siswa terhadap bahan ajar matematika materi waktu, jarak, dan kecepatan berbasis cerita rakyat Jepara untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD di Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengambangan (R&D) mengacu teori Borg and Gall. Penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tujuh langkah saja yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) studi literatur dan pengumpulan informasi, 3) rancangan produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) pembuatan produk, dan 7) uji coba terbatas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Ngandong, SDN 2 Keling, dan SDN 3 Keling Jepara. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk bahan ajar matematika materi waktu, jarak, dan kecepatan berbasis cerita rakyat Jepara. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Analisis kebutuhan bahan ajar matematika materi waktu, jarak, dan kecepatan berbasis cerita rakyat Jepara melalui wawancara dengan guru dan siswa diperoleh hasil 98,3% guru dan 99,5% siswa setuju dengan dikembangkannya bahan ajar tersebut. Pada penyusunan desain bahan ajar peneliti melakukan studi literatur dari internet dan buku cerita rakyat Jepara. Desain pengembangan bahan ajar matematika berbasis cerita rakyat Jepara memuat komponen pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian isi terdapat cerita rakyat disertai gambar ilustrasi yang menarik. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli diperoleh jumlah skor 195, rerata 3,61 dengan pesentase 90% dan kategori sangat baik. Untuk hasil respon siswa diperoleh rerata 3,54 dari jumlah skor 2526 dan persentase 88% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik beberapa simpulan yaitu: 1) Pengembangan bahan ajar matematika materi waktu, jarak, dan kecepatan berbasis cerita rakyat Jepara memenuhi kebutuhan guru dan siswa, 2) Penyusunan desain bahan ajar matematika berbasis cerita rakyat Jepara dapat menghasilkan produk yang baik, 3) Bahan ajar matematika berbasis cerita rakyat Jepara layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi waktu, jarak, dan kecepatan, dan 4) Bahan ajar yang dikembangkan mendapat respon positif dari siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Dosen Pembimbing II Dr. Slamet Utomo, M.Pd.
Kata Kunci: bahan ajar matematika, cerita rakyat jepara, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Jul 2021 19:57
Last Modified: 01 Jul 2021 19:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14362

Actions (login required)

View Item View Item