Pengembangan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal materi ipa tema 3: makanan sehat pada siswa kelas 5 sekolah dasar

SHOFA, AHMAD (2020) Pengembangan bahan ajar tematik integratif berbasis kearifan lokal materi ipa tema 3: makanan sehat pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis masukan guru untuk mengembangkan Bahan Ajar Tematik Integratif Berbasis Kearifan Lokal Materi IPA Tema 3: Makanan Sehat Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar, 2) mengetahui bagaimana menyusun Bahan Ajar Tematik Integratif Berbasis Kearifan Lokal Materi IPA Tema 3: Makanan Sehat Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar, dan 3) mengetahui efektifitas penyusunan Bahan Ajar Tematik Integratif Berbasis Kearifan Lokal Materi IPA Tema 3: Makanan Sehat Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) dari Sugiyono yang meliputi sepuluh langkah. Validasi bahan ajar dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yang benar-benar mahir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masukan guru terhadap produk yaitu kearifan lokal sebaiknya selain mengulas daerah sendiri juga diulas kearifan lokal daerah lain agar siswa memiliki wawasan yang lebih luas tentang daerahnya yang ada di sekitar. Penyusunan bahan ajar meliputi 10 langkah yang dilakukan yaitu : 1. Potensi dan masalah, 2. Pengumpulan data, 3. Desain produk, 4. Validasi desain, 5. Revisi desain, 6. Ujicoba produk, 7. Revisi produk, 8. Ujicoba pemakaian, 9. Revisi produk, dan 10. Produksi masal. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai penunjang bahan ajar untuk kelas V. Kelayakan produk modul tematik ini didasarkan pada hasil validasi ahli materi yang memperoleh jumlah skor 73 dengan kategori sangat baik dan hasil validasi ahli media yang memperoleh jumlah skor 116 dengan kategori sangat baik. Kelayakan produk modul tematik juga diperkuat dengan hasil uji efektifitas pada ujicoba produk yang memperoleh N-Gain score kelas eksperimen sebesar 85,2968 atau 85,30% dengan kategori efektif, uji efektifitas pada ujicoba pemakaian yang memperoleh N-Gain score kelas eksperimen sebesar 88,5386 atau 88,54% dengan kategori efektif. Dari penelitian ini disarankan, bahwa: 1) guru menggunakan penunjang bahan ajar lainnya untuk menunjang bahan ajar utama, 2) fasilitas pembelajaran yang ada di perpustakaan yakni bahan ajar cetak (buku pelajaran) yang kurang relevan dengan kurikulum diperbaharui.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dr. Suad,M.Pd. Dosen Pembimbing II Dr. Murtono,M.Pd.
Kata Kunci: bahan ajar tematik terintegrasi, bahan ajar kelas V, kearifan lokal.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Jul 2021 20:05
Last Modified: 01 Jul 2021 20:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14363

Actions (login required)

View Item View Item