Pengembangan model pembelajaran stad berbasis etnomatimatika congklak untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat kelas iv sekolah dasar di kabupaten demak

UTAMI, NUR SAD (2020) Pengembangan model pembelajaran stad berbasis etnomatimatika congklak untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat kelas iv sekolah dasar di kabupaten demak. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pembelajaran pemahaman konsep bilangan bulat kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Demak, (2) untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran STAD berbasis etnomatimatika congklak, (3) untuk mengetahui media yang digunakan dalam model pembelajaran STAD berbasis etnomatematika congklak dan (4) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD berbasis etnomatimatika congklakdalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Borg & Gall, diantaranya : (1) tahap pengumpulan informasi, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan produk, dan (4) tahap validasi data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, studi dokumen dan tes hasil belajar siswa. Sumber data yakni dan guru kelas IV di SD Negeri Sayung 1, SD Negeri Kalisari 3, dan SD Negeri Sayung 3. Data hasil validasi dinalisis dengan mengakumulasikan jumlah skor dengan bantuan aplikasi SPSS. Data keefektifannya dianalisis dengan uji t pada signifikansi 0,025. Desain model pembelajaran yang dikembangkan berupa model pembelajaran STAD berbasis etnomatemtika congklak untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat kelas IV SD melalui tiga tahapan yaitu Perencanaan, Proses, dan Evaluasi. Komponen pada tahapan tersebut adalah sintak model pembelajaran, media congklak manual, media congklak berbasis android berupa Congklak.App, buku panduan, dampak sosial dan dampak pengiring. Model pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli dengan skor masing-masing 27, 70, 55, 49, 58, dan 76 dari kriteria skor valid dalam kategori sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbasis etnomatematika congklak sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat di sekolah dasar terbukti dari kenaikan hasil belajar siswa melalui google form, rerata yang dicapai pada kelas eksperiment 63,87 menjadi 87,75, meningkat 23,89. Hasil uji t bernilai negatif yaitu -2,779 maka kelompok 2 memiliki rata-rata lebih tinggi sehingga disimpulkan bahwa kelas eksperiment memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari pada kelas kontrol, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelas eksperiment. Prosentase respon positif yang diberikan guru adalah 95% dan respon positif siswa adalah 97,03%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing II Dr. Santoso, M.Pd.,
Kata Kunci: Model Pembelajaran, STAD, Etnomatematika Congklak, Konsep Bilangan Bulat
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Jul 2021 20:07
Last Modified: 01 Jul 2021 20:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14365

Actions (login required)

View Item View Item