Pengembangan buku teks bahasa indonesia Berbasis kearifan lokal pati Untuk sekolah menengah pertama)/ Madrasah tsanawiyah

PRIYADI, PRIYADI (2020) Pengembangan buku teks bahasa indonesia Berbasis kearifan lokal pati Untuk sekolah menengah pertama)/ Madrasah tsanawiyah. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
JUDUL.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I TESIS priyadii 1.5.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II TESIS priyadii 1.5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III TESIS priyadii 1.5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV tesis priyadii 1.5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V tesis priyadii 1.5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka tesis priyadi.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN EDIT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengidentifikasi kebutuhan guru terhadap materi bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati SMP/MTs; (2) untuk menguji validasi prototipe buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati SMP/MTs berdasarkan penilaian guru dan dosen; (3) untuk menjelaskan efektivitas buku pengembangan teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati SMP/MTs. Metode penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini, yakni guru bahasa Indonesia kelas VII, VIII, IX yang tersebar di empat SMP/MTs. Sekolah yang dipilih yaitu (1) MTs Negeri 1 Pati, (2) MTs Tarbiyatul Banin Winong, (3) SMP Negeri 1 Gabus, (4) SMP Sultan Agung Sukolilo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, trianggulasi, angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan analisis data kebutuhan, analisis data uji validasi ahli, dan analisis data penilaian uji coba produk. Hasil Penilitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kebutuhan buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati untuk SMP/MTs sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia, guru membutuhkan buku teks bahasa Indonesia yang mengandung pendidikan karakter, kearifan lokal. Buku teks bahasa Indonesia yang diinginkan guru dapat digunakan sebagai referensi buku pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat SMP/MTs. Produk buku yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan tersebut didasarkan atas hasil validasi oleh dosen ahli dan penilaian uji coba produk oleh guru. Berdasarkan hasil validasi oleh dosen ahli, diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Pada aspek desain cover (sampul) buku teks bahasa berbasis kearifan lokal Pati diperoleh rata-rata skor 3,75 atau 93,75% dengan kriteria sangat baik. (2) Pada aspek isi dan desain buku teks bahasa diperoleh rata-rata skor 3,58 atau 89,58% dengan kriteria sangat baik. (3)Pada aspek bahasa dan keterbacaan buku teks bahasa diperoleh rata skor 3,67 atau 91,67% dengan kriteria sangat baik. (4) Pada aspek grafika buku teks bahasa diperoleh rata-rata skor 3,75 atau 93,75% dengan kriteria sangat baik. Setelah hasil validasi ahli, dilakukan penilaian uji coba produk oleh guru dengan hasil sebagai berikut. (1) Pada aspek penilaian terhadap kehadiran buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati diperoleh jumlah nilai 47 dengan kriteria sangat baik. (2) Pada aspek peranan buku teks bahasa dalam membantu pembelajaran bahasa diperoleh jumlah nilai 38 dengan kriteria baik. (3) Pada aspek pemenuhan kebutuhan akan buku teks bahasa diperoleh jumlah nilai 39 dengan kriteria sangat baik. (4) Pada aspek penilaian isi dari buku teks bahasa diperoleh jumlah nilai 40 dengan kriteria sangat baik. (5) Pada aspek penilaian tingkat kevalidan materi dalam buku teks bahasa diperoleh jumlah nilai 38 dengan kriteria baik. (6) Pada aspek penilaian kemampuan buku teks bahasa untuk dipahami diperoleh jumlah nilai 34 dengan kriteria baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing II Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan Buku Teks Bahasa, Kearifan Lokal Pati, SMP/MTs
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Jul 2021 20:13
Last Modified: 01 Jul 2021 20:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14366

Actions (login required)

View Item View Item