Pengembangan buku ajar berbasis kearifan lokal pada tema lingkungan sahabat kita untuk siswa kelas v sekolah dasar

ARIFIN, ZAENAL (2020) Pengembangan buku ajar berbasis kearifan lokal pada tema lingkungan sahabat kita untuk siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN DEPAN - ZAENAL ARIFIN.pdf - Published Version

Download (943kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I - ZAENAL ARIFIN.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II - ZAENAL ARIFIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III - ZAENAL ARIFIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV - ZAENAL ARIFIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V - ZAENAL ARIFIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - ZAENAL ARIFIN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN - ZAENAL ARIFIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penggunaan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal sangat penting guna meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran berbasis kearifan lokal lebih bermakna karena hal-hal yang diajarkan bersifat kontekstual dengan nilai-nilai budaya sekitar, sehingga diharapkan dapat menambah ketertarikan siswa agar termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal materi tema lingkungan sahabat kita untuk siswa kelas V sekolah dasar, (2) Mengetahui efektifitas buku ajar tematik berbasis kearifan lokal materi tema lingkungan sahabat kita untuk siswa kelas V sekolah dasar. Pengembangan media pembelajaran buku ajar tematik berbasis kearifan lokal ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D). Tahapan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Sugiyono (2016) meliputi: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Penelitian dilakukan sengan subjek siswa dari kelas V SD 1 dan 2 Sendang, SD 1 dan 2 Banyuputih, serta SD Batukali Kabupaten Jepara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji perbandingan dua kelompok bebas yakni menggunakan uji independent t-test. Berdasarkan analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru dan siswa kelas V Sekolah dasar di Kabupaten Jepara membutuhkan buku pendamping dalam pembelajaran tematik tema Lingkungan Sahabat Kita. Hasil uji validasi ahli materi dan media menunjukkan bahwa buku ajar dinyatakan sangat baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar lebih baik dibanding kelas kontrol. Artinya, buku ajar tematik berbasis kearifan lokal Kabupaten Jepara yang dikembangkan efektif dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran kelas V sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd, Dosen Pembimbing II: Dr. Gunawan Setiadi, SIP. M.Pd.
Kata Kunci: buku ajar, kearifan lokal, tematik, sekolah dasar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Jul 2021 20:20
Last Modified: 01 Jul 2021 20:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14368

Actions (login required)

View Item View Item